Atasi Kepadatan Parkir di Badan Jalan, Pemkot Malang Segera Bangun Parkir Vertikal

May 12, 2021 18:50
Ilustrasi parkir vertikal. (Foto: source google).
Ilustrasi parkir vertikal. (Foto: source google).

MALANGTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang tengah berupaya mempercantik tatanan kota. Salah satunya, dengan penyediaan fasilitas pembangunan vertical parking atau parkir vertikal yang digadang-gadang bakal direalisasikan pada tahun 2022 mendatang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang Hadi Santoso mengatakan, lokasi yang bakal dijadikan area parkir vartikal itu nantinya tepat di sebelah Gedung Bersama atau Mini Block Office di belakang Balai Kota Malang.

Rencananya, parkir vertikal ini bakal menampung kendaraan roda 2 ataupun roda 4. "Jadi itu nanti di sebelah Mini Block Office. Pak Wali (Wali Kota Malang Sutiaji) berkenan membangun parkir vertikal ini untuk roda 2 dan roda empat," ujarnya.

Pria yang akrab disapa Soni ini menjelaskan, dengan pembangunan parkir vertikal ini dilakukan sebagai sah satu bentuk memfasilitasi kendaraan masyarakat agar tak parkir di badan jalan. Sehingga, akan lebih rapi, dan tatanan kota semakin terlihat menarik.

"Nanti akhirnya di depan menjadi longgar. Masyarakat yang pakai Jl Tugu, Jl Gadjah Mada, Jl Majapahit itu longgar. Kami menyiapkan itu (paekir vertikal) biar nggak mengganggu aktivitas masyarakat," imbuhnya.

Lebih jauh, berkaitan dengan konsep, menurut Soni, hal itu masih akan dilakukan kajian. Sebab, yang terpenting adalah ada berapa jumlah kendaraan yang siap ditampung. Pun juga berkaitan dengan berapa anggaran yang bakal disiapkan, ia belum bersedia membeberkan. Yang pasti, ditargetkan hal itu akan masuk dalam penganggaran di tahun 2022 mendatang.

"Gampang itu (konsepnya), yang terpenting berapa yang mau ditampung. Mudah-mudahan, kalau nutut nanti di tahun depan anggarannya ya. Semoga sudah kembali normal di tahun 2022 nanti," tandasnya.

Topik
lokasi parkir vertikalDPUPRPKP Kota Malangpembakan perawWalikota Malang Sutiajiberita kota malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru