Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Donasi Tanggap Bencana Kabupaten Malang Terus Mengalir, Terkumpul Dana Rp 796,9 Juta

Penulis : Fery Arifiansyah - Editor : A Yahya

07 - May - 2021, 16:20

Donasi Untuk Korban Gempa (Ist.)
Donasi Untuk Korban Gempa (Ist.)

MALANGTIMES -  Sampai dengan hari ini, donasi untuk para korban bencana gempa bumi yang melanda Kabupaten Malang masih dibuka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang. Penggalangan donasi yang telah dibuka Pemerintah Kabupaten Malang sejak Kamis (15/4/2021) lalu berhasil mengumpulkan dana sebanyak Rp 796,9 juta.

Per-hari ini tanggal 7 Mei 2021 pukul 14.00 WIB, sudah terkumpul dana sebesar Rp 796.987.629. Ada tambahan donasi masuk sebesar Rp 38.643.500 sejak update donasi terakhir.

Dana yang terkumpul tersebut berasal dari berbagai kalangan donatur mulai dari masyarakat, instansi pemerintahan, dan juga pihak swasta.

Dari data yang sudah dikumpulkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, ada beberapa donatur yang menyumbang dengan jumlah terbanyak yakni salah satunya sejumlah Rp 250.000.000.

Bupati Malang H.M. Sanusi juga menegaskan jika Pemkab Malang serius dalam mengawal pengelolaan dana bantuan terhadap korban bencana agar tidak ada unsur penyelewengan. “Itu kan selalu ada laporannya, berapa yang masuk, disalurkannya kemana saja. Itu semua harus jelas, tidak boleh sampai ada yang bodong,” ungkap Sanusi.

Sanusi pun mengaku bahwa keuangan akan diatur dengan menerapkan sistem satu pintu. Dalam artian saat ini semua bantuan berupa uang diterima melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang sebagai leading sektor penanganan bencana.

“Sehingga nanti pelaporannya juga akan lebih mudah, tidak pecah-pecah,” imbuhnya sekaligus menyampaikan, bahwa sistem pengawasan keuangan akan dilakukan oleh Inspektorat Kabupaten Malang.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang Sadono Irawan menyampaikan, penggalangan dana tersebut akan dibuka hingga batas waktu yang belum ditentukan. "Masih belum ada pencairan. Kemungkinan donasi dibuka sampai masa tanggap darurat dicabut," ucapnya saat dihubungi MalangTIMES beberapa waktu lalu.

MalangTIMES dan JatimTIMES akan terus melakukan update terkait dengan dana yang sudah terkumpul dari para donatur yang akan disalurkan kepada korban gempa.

Bagi masyarakat yang ingin menyumbangkan sebagian dananya untuk masyarakat Kabupaten Malang yang terdampak gempa bumi, bisa langsung mengirim ke rekening Bank Jatim dengan nomor #060.10.99.888 a.n. Tanggap Bencana Kabupaten Malang.


Topik

Pemerintahan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Fery Arifiansyah

Editor

A Yahya