Jelang Hari Raya Idul Fitri, Harga Sembako dan Daging di Pasar Kepanjen Relatif Stabil

May 07, 2021 16:28
Seorang pembeli di Pasar Kepanjen sedang berbelanja untuk kebutuhan lebaran. (Fery Arifiansyah/MalangTIMES)
Seorang pembeli di Pasar Kepanjen sedang berbelanja untuk kebutuhan lebaran. (Fery Arifiansyah/MalangTIMES)

MALANGTIMES -  Menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 H, harga pokok sembako dan juga daging relatif stabil dan tidak menunjukan penurunan ataupun kenaikan harga yang drastis.

Dari pantauan MalangTIMES, harga sembako seperti beras tidak mengalami kenaikan. Begitu pula dengan kenaikan harga bawang merah.

Salah satu pedagang sembako di kios blok basah Pasar Kepanjen, Kabupaten Malang, Mustofa mengungkapkan jika harga kebutuhan pokok seperti sembako masih stabil.

"Untuk beras tetap Rp10 ribu per-kilo, bawang putih dan bawang merah juga masih stabil di harga Rp20 ribu," ungkapnya.

Untuk bahan makanan lain seperti cabai, Mustofa juga mengiyakan jika tidak ada perubahan harga. "Cabai juga tetap Rp50 ribu (perkilo, red)," imbuhnya.

Namun, lain halnya dengan harga telur ayam dan daging ayam yang mengalami kenaikan yang signifikan. Harga telur ayam perkilo terpantau dikisaran harga Rp. 22 ribu. Sedangkan harga daging ayam naik Rp. 4 ribu, yang semula Rp. 32 ribu perkilo menjadi Rp. 36 ribu perkilonya.

"Sudah seminggu ini harga daging ayam naik, awalnya Rp32 ribu jadi Rp36 ribu," ungkap Tunik, salah satu pedagang daging ayam di Pasar Kepanjen.

Tunik juga menambahkan jika daging ayam relatif ramai dibeli seminggu terakhir. Namun hingga menjelang hari Raya Idul Fitri kenaikan permintaan daging ayam tidak terlalu banyak.

"Stabil saja, ndak yang banyak banget yang beli. Beda sama pas sebelum korona dulu mas," imbuh Tunik.

Sementara itu, harga daging sapi juga mengalami kenaikan. Kini harga daging sapi ada di angka Rp. 110 ribu perkilo.

"Sekarang Rp110 ribu, naik Rp2 ribu dari Rp108 ribu sejak malam 21 (ramadan, red) kemarin," ujar pedagang daging sapi bernama Ridwan.

Dari hasil pantauan ini diperkirakan harga kebutuhan pokok relatif stabil dan aman, walaupun menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H nanti.

Topik
Harga SembakoHarga Dagingjj rizalPasar Kepanjen

Berita Lainnya

Berita

Terbaru