Optimalkan Layanan Kesehatan, Dewan Dorong Pemkot Malang Beri Pelatihan Dasar secara Menyeluruh

May 07, 2021 14:25
Rapat Paripurna di Ruang Sidang DPRD Kota Malang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Rapat Paripurna di Ruang Sidang DPRD Kota Malang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Pelayanan kesehatan di Kota Malang cukup menjadi sorotan legislatif. Pasalnya, berjalannya sistem pelayanan belum secara maksimal merata dalam memfasilitasi masyarakat Kota Malang. Dalam hal ini tak hanya perihal Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) milik pemerintah daerah semata, melainkan yang berbasis swasta diminta agar menjadi perhatian.

Hal tersebut disampaikan Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Malang Trio Agus Purwono saat memberi rekomendasi dan evaluasi DPRD Kota Malang terhadap kerja Pemerintah Kota Malang di tahun 2020. "Karena pelayanan kesehatan dasar masyarakat di Kota Malang tidak hanya dilayani oleh Fasilitas Kesehatan milik pemerintah saja, tetapi sudah meluas kepada Fasilitas Kesehatan Dasar Swasta (klinik)," ujarnya.

Apalagi, dijelaskan Trio, berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang BPJS Kesehatan disebutkan, bahwa setiap peserta berhak mendapatkan pelayanan kesehatan yang nyaman dan murah.

Atas hal inilah, Trio menyatakan, DPRD Kota Malang mengharapkan agar sistem pelayanan kesehatan di Kota Malang mampu melayani masyarakat secara merata. Pihaknya dalam hal ini merekomendasikan agar Pemkot Malang memberikan bantuan kepada Fasilitas-fasilitas Kesehatan Dasar Swasta (klinik).

Salah satunya, dengan memberikan fasilitas pelatihan-pelatihan mumpuni guna meng-Upgrade layanan kesehatan di setiap Fasyankes di Kota Malang.

"Misalnya saja, dengan melaksanakan pelatihan-pelatihan update pelayanan, bantuan sarana program-program pemerintah seperti vaksin balita, vaksin TB, perangkat sederhana pelayanan Covid-19, dan lainnya," pungkasnya.

 

Topik
Berita MalangTrio Agus Purwono

Berita Lainnya

Berita

Terbaru