Optimis Pertahankan Gelar Tertinggi Kota Sehat, DLH Kota Malang Tinjau 3 Taman

May 06, 2021 16:41
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang meninjau tiga taman yang berada di Kota Malang (foto: istimewa)
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang meninjau tiga taman yang berada di Kota Malang (foto: istimewa)

MALANGTIMES- Program Kota Sehat tingkat nasional kembali digelar tahun ini. Kota Malang pun kembali mengikuti gelaran tersebut, dan optimis meraih dan mempertahankan predikat tertinggi di bidang kesehatan nasional, yaitu Swati Saba Wisatara. 

Bahkan, berbagai persiapan pun sudah mulai dilakukan. Salah satunya dengan meninjau langsung kawasan yang akan dijadikan penilaian. Diantaranya adalah meninjau tiga taman yaitu, Taman Slamet, Taman Kunang, dan Taman Malabar.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang, Wahyu Setianto mengatakan, peninjauan tersebut dilakukan untuk mempersiapkan Malang sebagai Kota Sehat. Dengan melihat kondisi ketiga taman tersebut, menurutnya masih dalam kondisi yang sangat bagus. Mulai dari perawatan taman, pohon dan berbagai fasilitas yang ada di dalamnya.

Kendati demikian, pihaknya akan lebih mempercantik lagi dan akan menambah fasilitas yang ada di ketiga taman tersebut. Mulai dari perawatan toilet hingga penambahan tong sampah.

"Dari ketiga taman terkait perawatan pohon dan tanaman lainya masih kondisi yang bagus. Hanya saja kita akan melakukan pengecatan ulang di bagain kamar mandi umum dan penambahan tong sampah di Taman Slamet," ujarnya, Kamis (6/5/2021).

Selain itu, pihaknya juga melakukan pengecekan pohon-pohon yang berada di ketiga taman tersebut. Yakni dengan mengerahkan tim untuk melakukan pembersihan terhadap dahan-dahan atau dauh yang kering.

"Itu pasti kita lakukan rutin. Setiap harinya ada tim dari kami yang melakukan perawatan pohon. Tidak hanya di taman saja, di setiap kawasan pun kita lakukan pengecekan," ujarnya.

Sebagai informasi, Pemkot Malang memang terus berkomitmen meningkatkan standar hidup sehat di Kota Malang, terutama berdasarkan tujuh tatanan. Mulai dari, tatanan permukiman sarana dan prasarana sehat, tatanan tertib lalu lintas dan pelayanan transportasi, tatanan industri dan perkantoran sehat, tatanan pariwisata sehat, tatanan ketahanan pangan dan gizi, tatanan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, dan tatanan sosial yang sehat.

Malang Kota Sehat sendiri bertujuan untuk mewujudkan lingkungan yang sehat. Dengan menerapkan tujuh tatanan sehat. Untuk mewujudkan hal tersebut tentunya melibatkannya kolaborasi berbagai pihak. Seperti melibatkan kolaborasi antara dinas Kesehata, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), dan instansi lainnya.

Dalam lomba Kota Sehat yang kembali digelar itu, DLH Kota Malang optimistis dapat mempertahankan predikat 'Swati Saba Wisatara' yakni predikat tertinggi di bidang kesehatan Nasional pada tahun 2019 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Dengan berhasil memenuhi target Open Defection Free (ODF) atau terbebas dari buang air besar sembarangan (BABS) di sungai.

Topik
Kota SehatKota MalangDLH Kota MalangWahyu Setianto

Berita Lainnya

Berita

Terbaru