Puluhan Sekolah Raih Adiwiyata Provinsi dan Adiwiyata Kota, Disdikbud Kota Malang Terus Berupaya Wujudkan Generasi Cinta Lingkungan

May 06, 2021 13:41
Daftar sekolah yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata tingkat provinsi dan tingkat kabupaten kota (Ist)
Daftar sekolah yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata tingkat provinsi dan tingkat kabupaten kota (Ist)

MALANGTIMES - Prestasi membanggakan kembali diukir dunia pendidikan Kota Malang di tengah pandemi covid-19. Karena setidaknya, 42 Kepala Satuan Pendidikan jenjang SD, SMP dan SMA sederajat menerima penghargaan Adiwiyata Provinsi Tahun 2020 maupun Adiwiyata Kota Tahun 2020. Dalam penghargaan tersebut, sebanyak 17 lembaga sekolah menerima penghargaan Adiwiyata Provinsi dan 25 sekolah menerima Adhiwiyata Kota.

Prosesi penyerahan sertifikat atau piagam penghargaan Adiwiyata Provinsi dan Adiwiyata Kota Tahun 2020 itu, dilakukan langsung oleh Wali Kota Malang Drs  H Sutiaji dan Pj Sekretaris Daerah Ir Hadi Santoso. Proses penyerahan dihadiri pula oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Drs Wahyu Setianto MM serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang Suwarjana SE MM.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang, Suwarjana SE MM, menjelaskan, jika raihan ini merupakan atas daya dan upaya seluruh jajaran pendidikan serta pihak lainnya yang komitmen dalam mewujudkan generasi penerus bangsa yang peduli terhadap keberlangsungan serta kelestarian lingkungan.

"Karenanya, terima kasih atas daya dan upaya seluruh jajaran satuan pendidikan serta pihak-pihak terkait dalam mewujudkan generasi penerus bangsa yang peduli terhadap keberlangsungan serta kelestarian lingkungan," tuturnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, pembiasaan budaya perilaku untuk peduli terhadap lingkungan, harus lebih diperkuat dengan kegiatan-kegiatan yang menumbuh kembangkan kecintaan terhdap lingkungan. Dengan begitu, tentunya akan tercipta lokasi pembelajaran yang bersih, nyaman dan aman serta terwujud kelestarian alam dilingkungan sekolah. 

"Dengan penguatan karakter, pembiasaan budaya perilaku peduli lingkungan, menumbuhkembangkan kecintaan pada lingkungan, kemudian akan tercipta kebersihan, kenyamanan, keamanan, kelestarian alam dilingkungan sekolah," bebernya.

Lebih lanjut dijelaskan orang nomor satu di jajaran Disdikbud Kota Malang itu, jika dengan kondisi sekolah yang nyaman, asri, sejuk dan bersih, secara tak langsung tentunya hal itu akan berimbas pada semangat pembelajaran para peserta didik. Termasuk juga para tenaga pendidik. Dengan lingkungan yang asri, tentunya akan menambah semangat mereka untuk melakukan tugasnya mendidik para siswa.

"Kami berharap agar penumbuh kembangan peduli lingkungan ini tidak hanya sekedar demi meraih Adiwiyata. Sehingga saat Adiwiyata sudah diraih pudar atau bahkan menghilang penanaman karakter peduli lingkungan," bebernya.

Sementara itu, berikut daftar sekolah yang meriah penghargaan Adiwiyata 2020 tingkat Provinsi maupun Kota.

17 sekolah peraih Adiwiyata Provinsi antara lain:

1. SDN Dinoyo 1
2. SDN Bunulrejo 5
3. SDN Jatimulyo 3
4. SDN Klojen
5. SDN Kotalama 1
6. SDN Kotalama 2
7. SDN Kotalama 4
8. SDN Kotalama 5
9. SDN Madyopuro 2
10. SDN Merjosari 1
11. SDN Purwantoro 3
12. SDN Purwantoro 5
13. SDN Muhammadiyah 1
14. SDI Muhammad Hatta
15. SD Laboratorium UM
16. SMP Islam Sabilillah
17. SMA Negeri 1 Malang.

25 sekolah penerima penghargaan Adiwiyata 2020 tingkat kota antara lain:

1. SDN Bandungrejosari 3
2. SDN Ciptpmulyo 2
3. SDN Dinoyo 3
4. SDN Gadang 3 
5. SDN Gadingkasri
6. SDN Jatimulyo 1
7. SDN Jodipan
8. SDN Kebonsari 3 
9. SDN Kenonsari 4
10. SDN Merjosari 2
11. SDN Merjosari 4
12. SDN Tulusrejo 2
13. SDK Santa Maria 1
14. SD Lab UM
15. SD Muhammadiyah 9
16. MIN 2 Malang
17. MI Nurul Ulum
18. SMPN 26 Malang
19. SMP Muhammadiyah 2
20. SMP Sriwedari
21. SMP Unggulan Ai Ya'lu
22.  SMKN 7 Malang
23. SMA Laboratorium UM
24. SMA Islam
25. MAN 1

Topik
Penghargaan Adiwiyatadpc pks sukunKota MalangDisdikbud Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru