Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Ini Dia Lima Destinasi Wisata Kuliner Unggulan Indonesia 2015

Penulis : Ronny Wicaksono - Editor : Redaksi

24 - Nov - 2015, 08:19

Wisata kuliner Indonesia punya potensi sangat besar (Foto: sebandung)
Wisata kuliner Indonesia punya potensi sangat besar (Foto: sebandung)

MALANGTIMES - Lima destinasi wisata kuliner unggulan 2015 diluncurkan di Jakarta sebagai salah satu upaya mengembangkan potensi gastronomi Indonesia. Selain itu juga untuk mengidentifikasi langkah pelestarian makanan tradisional serta pengembangan usaha makanan Indonesia menghadapi era globalisasi.

Demi hal itu, Kementerian Pariwisata tahun ini menetapkan lima destinasi wisata kuliner unggulan yakni Bandung, Solo, Yogyakarta, Semarang dan Bali

Penetapan itu didasarkan pada enam faktor kelayakan. Enam kelayakan itu yakni produk dan daya tarik utama, pengemasan produk dan even, kelayakan pelayanan, kelayakan lingkungan, kelayakan bisnis, serta peranan pemerintah dalam pengembangan destinasi wisata kuliner.

Menurut Menteri Pariwisata, Arief Yahya Indonesia punya potensi besar dalam mengembangkan gastronomi berkat keunikan dan keanekaragaman yang bersumber dari etnik dan budaya suku yang ada di bumi nusantara ini. Apalagi Indonesia sudah dikenal sejak Abad XV sebagai sumber rempah-rempah dunia dan dikenal pula dengan hidangannya yang beragam dan unik.

"Sayangnya keunikan dan keanekaragaman gastronomi ini makin tergerus oleh waktu dan zaman serta perubahan pola gaya hidup masyarakat sehingga perlu upaya perlindungan agar berkembang dan mampu bersaing pada era globalisasi saat ini," ujarnya, Senin (23/11/2015).

Wisata kuliner di Indonesia sendiri punya potensi ekonomi yang besar. Pada 2013 kontribusi nilai tambah bruto sektor kuliner sebesar Rp 208,6 triliun dengan rata-rata pertumbuhan 4,5 persen. Sektor kuliner juga menyerap tenaga kerja sebesar 3,7 juta orang dengan rata-rata pertumbuhan 26 persen, dan unit usaha mencapai 3 juta dengan rata-rata pertumbuhan 0,9 persen. (*)


Topik

Wisata Destinasi-Wisata-Kuliner


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ronny Wicaksono

Editor

Redaksi