Kolaborasi NGO dengan Media, DPD LIRA Malang Raya Gandeng JatimTIMES.com

May 05, 2021 20:50
Pengurus dari DPD LIRA Malang Rata membaur dengan jajaran pimpinan JatimTIMES.com, Rabu (5/5/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES) 
Pengurus dari DPD LIRA Malang Rata membaur dengan jajaran pimpinan JatimTIMES.com, Rabu (5/5/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES) 

MALANGTIMES - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Malang Raya jalin kerja sama dan kolaborasi antar Non Govermental Organzation (NGO) dengan JatimTIMES Network. 

Jalinan kerja sama itu ditandai dengan kunjungan DPD LIRA Malang Raya ke kantor JatimTIMES.con di Ruko Tlogomas Square Kavling 14 Kota Malang, Rabu (5/5/2021). 

"Yang namanya NGO harus berkolaborasi dengan pengacara dan jurnalis. Menurut kita (media, red) yang berkontribusi banyak adalah MalangTIMES.com dan JatimTIMES.com. Ke depan apapun misalnya kita mau mengeskpose sesuatu kita koordinasi dengan baik," ungkap Ketua DPD LIRA Malang Raya M. Zuhdy Achmadi

Pria yang akrab disapa Didik ini menuturkan bahwa pada intinya, DPD LIRA Malang Raya selaku NGO yang bersifat umum dan melakukan advokasi di berbagai macam bidang permasalahan, melakukan segala upaya agar membuat Malang Raya lebih baik. 

"Intinya kita membuat Malang Raya bagaimananya supaya lebih baik. Yang kita kritisi bukan hanya bodong. Data kita selalu data yang valid. Kalau ada temuan (kasus, red) tidak langsung kita floorkan dan pidanakan, harus dikomunikasikan dulu," terangnya. 

Lanjut Didik bahwa upaya-upaya advokasi dari LIRA juga didukung oleh SDM (Sumber Daya Manusia) yang mumpuni dan terdiri dari lintas latar belakang. Saat ini DPD LIRA Malang Raya memang sedang memperbanyak dan melebarkan sayap. 

"Kita memperbanyak dan melebarkan sayap jejaring kita. Khususnya di Malang Raya mulai mahasiswa, komunitas lawyer, politisi, bahkan ada yang mantan petinju kelas dunia, pak ustadznya ada. Semuanya lengkap. Belum lagi Pemuda LIRA," ujarnya. 

Menyambung apa yang disampaikan Didik, Sekretaris Daerah DPD LIRA Malang Raya Dito Arief Nurakhmadi mengatakan bahwa peranan NGO dengan media masuk dalam konsep pentahelix. Di mana terjalin kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, NGO dan media untuk mewujudkan pemerintahan yang baik. 

"Dengan wajah baru, memang kita ambil figur yang punya potensi dan kapasitas. Ini cukup merepresentasikan LIRA Malang Raya. Salah satunya dengan membuat klinik kebijakan publik LIRA. Bukan hanya mengkritisi, tapi ada gagasan yang substantif," ujarnya. 

Dito juga menambahkan bahwa kedepan DPD LIRA Malang Raya akan membangkitkan lagi simpul-simpul yang terdapat di desa dan kelurahan untuk bergerak kembali membantu masyarakat. 

"Harus ada penyegaran. LIRA di Malang sempat pasang surut. Saat ini di masing-masing wilayah memiliki perwakilan. Ke depan LIRA Malang Raya akan siap mengawal dan mengkritisi kebijakan yang ada di Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu," ujarnya. 

Sementara itu, rombongan DPD LIRA Malang Raya, disambut baik oleh Direktur JatimTIMES Network Lazuardi Firdaus didampingi General Manager JatimTIMES Heryanto dan pemimpin redaksi JatimTIMES Yunan Helmy

Firdaus mengatakan bahwa JatimTIMES.com dan MalangTIMES.com sejak awal selalu berkolaborasi dengan memberitakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan DPD LIRA Malang Raya. "Mulai penanganan kasus, hingga kegiatan Ramadan dengan pembagian takjil," katanya. 

Pihaknya pun mengatakan bahwa ke depan JatimTIMES sangat terbuka dengan membangun suatu sistematis konsep yang diinginkan. Karena menurut Firdaus, gerakan dari NGO saat ini berbeda dengan NGO terdahulu. "Era dahulu NGO semua muncul. Nah sekarang nggak ada. Tapi kalau sekarang bibitnya muncul dari LIRA. Gerakannya sama seperti dahulu," terangnya. 

Dengan kemunculan LIRA, yang kembali dengan penyegaran perluasan wilayah yang dijadikan satu yakni Malang Raya, akan semakin memperkuat fungsi dari keberadaan suatu NGO. "Mungkin dengan munculnya LIRA kembali memperkuat keberadaan NGO di Malang bisa memberikan warna. Malangtimes turut bangga jika bisa menggoreskan warna di sana," tuturnya. 

Sedangkan, Pimpinan Redaksi JatimTIMES Yunan Helmy menambahkan bahwa dengan basis LIRA yang hingga nasional mulai dari pusat, provinsi hingga daerah merupakan salah satu nilai tambah. 

"LIRA juga ada di wilayah Jatim. Kita juga punya perwakilan se-Jatim. Biasanya teman-teman di Jatim ini kalau punya permasalahan biasanya pakai NGO tidak jelas. Tapi kalau pakai LIRA lebih bagus. Misalnya kerja sama ini bermaslahat bagi masyarakat bukannya nggak mungkin yang di luar malang akan berkolaborasi dengan baik," pungkasnya.

Topik
Berita MalangLumbung Informasi Rakyat Malang Rayadpd lira malang rayaLazuardi FirdausHeryantoyunan helmy

Berita Lainnya

Berita

Terbaru