Tahun Kedua Ikut ASMI, 6 Start-up Unikama Lolos Tahap Pertama

May 05, 2021 20:16
Ilustrasi startup (123rfdotcom/dejanbozic)
Ilustrasi startup (123rfdotcom/dejanbozic)

MALANGTIMES - Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) turut serta dalam Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PKMI) Akselerasi Startup Mahasiswa Indonesia (ASMI) yang digelar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Pendidikan Tinggi (Dikti).

Dari sembilan startup yang diusulkan, pada tahap pertama enam startup lolos dan tengah bersiap untuk melakukan presentasi pitch deck yang telah disusun oleh masing-masing start-up guna menuju tahapan kedua. 

"Ini peningkatan sangat drastis dari tahun sebelumnya. Tahun sebelumnya mengusulkan enam tapi yang lolos tahap pertama hanya empat dan yang lolos tahap kedua ada dua startup," terang Ayu Asmah MPd Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan Unikama.

Sehingga, tahapan saat ini, masih dalam proses untuk lolos pendanaan. Enam start-up yang lolos, masih akan dikompetisikan dan dilakukan penilaian kembali. Dan pada tahapan kedua, para start-up harus benar-benar bisa mempresentasikan karya atau bisa dikatakan dagangannya. "Harapan kita, dari enam yang lolos pada tahap satu ini bisa lolos di tahap kedua juga untuk mendapatkan pendanaan," paparnya.

Sementara itu, untuk bidang-bidang atau jenis start-up yang lolos, dijelaskan Ayu, jika bukan hanya game saja, melainkan juga bidang pendidikan dan juga pada bidang pertanian. Lolosnya Unikama pada ASMI ini, juga tak lepas dari bantuan dan peran serta para pembimbing serta Unit Business and Entrepreneurship Center (BEC). "Ini merupakan tahun kedua Unikama ikut," jelasnya.

Mengenai ASMI, merupakan salah satu program unggulan kewirausahaan mahasiswa indonesia yang akan mempertemukan dengan pemilik (owner) startup besar di Indonesia, Angel Investor, bimbingan Khusus dan program-program yang lain dengan full talent selain hibah yang besar.

Bentuk kegiatan program ASMI meliputi workshop, seleksi startup didanai, pendampingan dan Student Startup Accelerator Camp (SSAC). Pada tahun 2020, dua start-up perwakilan Unikama lolos mendapatkan pendanaan. Dua start-up tersebut yakni Startup Bangbeli dan Startup Blantix. 

Program ASMI ini diharapkan mampu mendorong mahasiswa di Indonesia untuk dapat mengembangkan bisnis digital, membangun ekosistem startup di kalangan mahasiswa Indonesia dan mengakselerasi startup mahasiswa Indonesia untuk bersaing di tingkat global.

Topik
Berita MalangUnikamaayu asmah

Berita Lainnya

Berita

Terbaru