Jelang Hari Raya Idul Fitri, Stok Kebutuhan Pokok di Kota Batu Dipastikan Aman

May 05, 2021 15:23
Frokopimda Kota Batu kembali giat sidak lonjakan harga bahan baku di Pasar Besar Kota Batu, Rabu (5/5/2021) (foto:Mariano Gale/Jatim Times)
Frokopimda Kota Batu kembali giat sidak lonjakan harga bahan baku di Pasar Besar Kota Batu, Rabu (5/5/2021) (foto:Mariano Gale/Jatim Times)

BATUTIMES - Jelang hari raya Idul Fitri, harga dan stok kebutuhan pokok di Kota Batu dipastikan aman. Hal itu sebagaimana hasil sidak yang dilakukan forkopimda Kota Batu untuk mengecek harga sembako di Pasar Besar Kota Batu, Rabu (5/5/2021).

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso, Ketua DPRD Kota Batu Asmadi, serta jajaran forkopimda lainya memutari pasar dan lakukan pengecekan.

Dengan mengunjungi pedagang satu per satu, Dewanti mengatakan, hingga saat ini tidak ada kenaikan harga bahan baku sembako yang menonjol. Hasilnya pun tetap, seperti hasil sidak yang dilakukan beberapa waktu lalu.

Dari hasil sidak yang dilakukan pada tanggal 15 April 2021, dari data Dinas Ketahanan Pangan, harganya cukup stabil. Seperti harga daging Rp 120 ribu dan telor Rp 22 ribu. Kenaikan yang terjadi pada beberapa komoditi itu pun berada pada kisaran Rp 500 hingga Rp 1.000. Sedangkan untuk harga tepung terigu, beras, dan beberapa masih stabil.

Sementara dari hasil sidak yang dilakukan hari ini, harga daging sapi yang sebelumnya berada diangka Rp 120 ribu perkilogram menjadi Rp 118 ribu perkilogram. Harga telur ayam, perkilonya masih stabil Rp 23 ribu perkilo. Harga gula pasir stabil Rp 12 ribu perkilonya. Untuk harga beras mengalami kenaikan, dari Rp 10 ribu menjadi Rp 11 hingga 12 ribu perkilo. Sedangkan daging ayam yang sebelumnya Rp 40 ribu perkilo, turun menjadi Rp 35 perkilo.

"Dipastikan stok masih aman sampai akhir bulan ini. Tidak ada kenaikan harga yang mencolok serta kenaikan permintaan bahan dasar sembako yang drastis untuk saat ini," ujarnya.

Sementara itu, Distributor yang berada di Pasar Besar Kota Batu, Sri Muniarti mengatakan, kenaikan harga  terjadi pada minyak goreng. Harga per karton ya Rp 164 ribu. Dengan isi per kartonnya 12 buah minyak kemasan 1 liter.

"Sebelum puasa, harga minyak goreng perkartonnya Rp 158 ribu. Kini naik menjadi Rp 164 ribu. Biasanya harga kembali naik ketika H-3 Idul Fitri," ujarnya.

Topik
seniman lukis malangPasar Besar Kota BatuKota Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru