Puluhan Sekolah di Kota Malang Terima Penghargaan Adiwiyata Tingkat Provinsi dan Kota, Ini Daftarnya

May 05, 2021 14:46
Wali Kota Malang Sutiaji (berkopiah) saat menyerahkan sertifikat penghargaan Adiwiyata di ruang sidang Balai Kota Malang, Rabu (5/5/2021). (Foto: Istimewa).
Wali Kota Malang Sutiaji (berkopiah) saat menyerahkan sertifikat penghargaan Adiwiyata di ruang sidang Balai Kota Malang, Rabu (5/5/2021). (Foto: Istimewa).

MALANGTIMES - Pelestarian di lingkungan sekolah menjadi ajang yang membuahkan prestasi di Kota Malang. Setidaknya, total ada 42 sekolah yang berhasil meraih penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Timur maupun Adiwiyata tingkat Kota Malang.

Rinciannya, sebanyak 17 sekolah mendapat Penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi Jatim dan 25 sekolah mendapat penghargaan Adiwiyata tingkat Kota Malang.

Penyerahan Sertifikat Penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi Jatim dan Adiwiyata tingkat Kota Malang itu dilangsungkan di Ruang Sidang Balai Kota Malang, Rabu (5/5/2021).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang Wahyu Setianto (kanan) saat menyerahkan penghargaan Adiwiyata di Ruang Sidang Balai Kota Malang, Rabu (5/5/2021). (Foto: Humas Pemkot for MalangTIMES).

Wali Kota Malang Sutiaji dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang menyampaikan, perihal kelestarian lingkungan ini menjadi satu perhatian utama baik di dunia internasional bahkan Indonesia saat ini.

Upaya untuk terus menyadarkan perilaku masyarakat agar peduli akan lingkungan, salah satunya melalui Adiwiyata atau green school. Program tersebut menjadi program khusus Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Mengingat pentingnya lingkungan hidup bagi kehidupan manusia, pemerintah baik pusat maupun daerah mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang menyangkut pengelolaan lingkungan hidup. salah satunya adalah adiwiyata atau green school," ujarnya.

Melalui program ini, risiko yang ditimbulkan dari dampak lingkungan yang terjadi di sekolah dapat terhindarkan. Hal ini juga sebagai salah satu bentuk memberikan pembelajaran bagi generasi muda tentang pemeliharaan serta pengelolaan lingkungan.

"Sehingga, diharapkan seluruh masyarakat di sekitar sekolah dapat menyadari bahwa lingkungan yang hijau adalah lingkungan yang sehat. Serta meningkatkan kualitas dan kondisi belajar yang lebih nyaman di wilayah sekolah," imbuhnya.

Lebih jauh, melalui tata kelola sekolah yang berwawasan lingkungan, diharapkan baik sekolah negeri ataupun swasta mampu membuat berpartisipasi dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan utamanya bagi generasi zaman sekarang.

"Saya sampaikan rasa syukur sekaligus apresiasi positif kepada 17 sekolah penerima Penghargaan Adiwiyata Tingkat Provinsi Jawa Timur dan 25 Sekolah Penerimaan Penghargaan Adiwiyata Kota Malang. Atas usaha yang telah dilakukan dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan dalam proses pembelajaran," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang Wahyu Setianto menambahkan, jika pemberian penghargaan bidang lingkungan hidup dilaksanakan secara berjenjang. Mulai dari tingkat kota, provinsi, nasional hingga ASEAN.

"Kami ucapkan terima kasih atas prestasi ini untuk sekolah di Kota Malang. Sebelumnya penghargaan tingkat ASEAN berhasil diraih oleh SDN Tunjungsekar 1 di tahun 2010 dan SMP 10 pada tahun 2019," ungkapnya.

Adapun, beberapa daftar penerima penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Timur diantaranya SDN Dinoyo 1, SD Muhammadiyah 1, SDN Kotalama 1, SDN Kotalama 2, SDN Kotalama 4, SDN Kotalama 5, SDN Purwantoro 3, dan SDN Purwantoro 5, SD Negeri Madyopuro 2, hingga SMAN 1 Malang.

Sedangkan penerima penghargaan Adiwiyata Kota Malang diantaranya adalah MI Nurul Ulum, SD Katolik Santa Maria 1, SD Laboratorium UM, SDN Ciptomulyo 2, SDN Jodipan, MIN 2, SMPN 26, MAN 1 hingga SMKN 7.

Topik
green schoolKota MalangPenghargaan AdiwiyataWali Kota Malang SutiajiBalai Kota Malangpenjualan eceranDinas Lingkungan Hidup

Berita Lainnya

Berita

Terbaru