Kwarcab Kota Malang Peduli Desa Pramuka Lebakharjo

May 04, 2021 17:11
5 Kwartir Ranting se Kwarcab Kota Malang lakukan kegiatan kerja bakti serta memberikan bantuan korban terdampak gempa di Desa Lebakharjo, Kabupaten Malang, Sabtu (1/5/2021) lalu (foto: istimewa)
5 Kwartir Ranting se Kwarcab Kota Malang lakukan kegiatan kerja bakti serta memberikan bantuan korban terdampak gempa di Desa Lebakharjo, Kabupaten Malang, Sabtu (1/5/2021) lalu (foto: istimewa)

MALANGTIMES- Sebagai bentuk kepedulian terhadap "Kampung halamannya" pasca gempa bumi, Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Malang melaksanakan kegiatan aksi Pramuka Peduli di Desa Pramuka, Desa Lebakharjo, Kabupaten Malang.

Kegiatan itu melibatkan 5 Kwartir Ranting se Kwarcab Kota Malang. Di antaranya, Kwarran Sukun, Kwarran Lowokwaru, Kwarran Blimbing, Kwarran Klojen dan Kwarran Kedungkandang. Serta pengurus Kwarcab Kota Malang, total personel 75 orang, termasuk DKC dan DKR.

Sesampainya di TKP, rombongan Kwarcab Kota Malang, diterima langsung di balai desa oleh Kaur Kesra dan Kasun setempat mewakili Kepala Desa Lebakharjo.

Ketua Kwarcab Kota Malang, Kak Heri Sunarko mengatakan, kegiatan ini berlangsung pada 1 Mei hingga 2 Mei 2021. Pihaknya melakukan kegiatan bersih-bersih desa serta penyerahan paket sembako sejumlah 225 paket sembako dan masker donasi dari 5 Kwartir Ranting se Kwarcab Kota Malang untuk warga terdampak gempa bumi yang  diterima langsung oleh Kepala Dusun Krajan 1.

"Kami melaksanakan kerja bakti pembersihan dan pengecatan ulang Sanggar Pramuka Desa Lebakharjo serta Monumen COMDECA dan Rumah Pak Harto," ujar Kak Heri yang juga kini menjabat sebagai Kepala Bidang (Kabid) Persampahan dan B3 DLH Kota Malang.

Diakuinya, kondisi 3 lokasi yang dibersihkan sangat tidak terawat karena sudah sekian lama tidak dipakai untuk kegiatan Pramuka.

"Yang paling parah adalah rumah Pak Harto, rumah yang dulu ditempati oleh Presiden Suharto saat membuka PW. ASPAC 28 JUNI 1978 kondisinya kerusakan sangat parah,  terutama atap dan dinding bangunan. Padahal tempat ini adalah monumen saksi kejayaan gerakan Pramuka di Desa Lebakharjo," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Lebakharjo Suwarno sangat berterimakasih kepada Kwarcab Kota Malang yang peduli terhadap desanya.

"Langkah peduli yang sudah diawali oleh Kwarcab Kota Malang, diharapkan bisa diikuti oleh Pramuka atau Kwarcab lain di Jawa Timur," ujarnya.

Lanjutnya, Desa Lebakharjo adalah Desa Pramuka kedua di Indonesia setelah Sibolangit di Sumatera. Suwarno berharap anggota Pramuka, khususnya Pramuka Jawa Timur dapat kembali ke Lebakharjo untuk kembali membangun Desa Pramuka Lebakharjo, serta mengembalikan Ke jaman kejayaan seperti pada saat PW. ASPAC dan COMDECA.

"Kwarda Jatim dan Pemerintah Kabupaten Malang dapat membantu warga Desa Lebakharjo, mewujudkan kegiatan PERSEMI HUT COMDECA 1993-2021. Sebagai langkah awal mengembalikan Kejayaan Desa Lebakharjo sebagai Desa Pramuka di Indonesia," ujarnya.

Topik
kwarcab kota batugerakan Pramukayoutuber cabul

Berita Lainnya

Berita

Terbaru