Hunian sementara Brau bagi Korban Bencana di Kota Batu Siap Dihuni

May 04, 2021 14:57
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko sedang mengunjungi korban longsor di Dusun Brau, Desa Gunungsari (foto istimewa)
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko sedang mengunjungi korban longsor di Dusun Brau, Desa Gunungsari (foto istimewa)

BATUTIMES- Pembangunan Huntara (Hunian Sementara) bagi korban bencana longsor di Dusun Brau, Desa Gunungsari telah rampung dan siap dihuni. 

Pembangunan 15 Huntara, dengan masing ukuran 4x6 meter, dua kamar tidur, dapur, dan ruang tamu itu menghabiskan dana Rp 800 juta. Sedangkan kamar mandi, menggunakan aset milik SD/SMP satu atap. 

Kasi Bantuan Jaminan Sosial Dinas Sosial (Dinsos) Kota BatuKasmari mengatakan, kini Huntara tinggal proses pengecatan, pemasangan listrik dan WiFi saja. Nantinya, pada tanggal 9 Mei akan diresmikan oleh Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko. "Korban yang terdampak sebelum hendak menghuni Huntara itu, harus melakukan penandatanganan terlebih dahulu," ujarnya.

Sementara itu, Kadinsos Kota Batu Ririck Mashuri mengatakan, pihak juga akan memberikan supply bantuan berupa sembako hingga tiga bulan ke depan. "Kami akan berikan kebutuhan sembako selama tiga bulan kedepan. untuk listrik disana akan menggunakan sistem token," ujarnya.

Pemberitaan sebelumnya, bangunan sementara ini akan dibuat dengan jumlah total pengungsi yang terdampak. Diketahui, warga yang terdampak sebanyak 16 KK dengan 53 Jiwa. Pengungsi yang terdampak dan sudah menempati Tenda Keluarga Pengungsi sebanyak 13 KK dengan 44 Jiwa, dengan jumlah ternak terdampak sebanyak 42 ekor sapi dan 13 ekor kambing. 

Lahan yang digunakan untuk tempat relokasi itu seluas sekitar 1000 meter persegi. Relokasi ini akan segara dilakukan. Sebab, jika warga mengungsi terlalu lama di tempat pengungsian akan berdampak kurang baik.

Topik
bagaskara kediriririck mashuriDinsos Kota Baturirick mashuriDewanti Rumpoko

Berita Lainnya

Berita

Terbaru