Bantuan Logistik Masih Mengalir, BPBD Kabupaten Malang Distribusikan untuk Korban Gempa

Apr 30, 2021 17:57
Pendistribusian paket dembako dan terpal untuk kecamatan yang terdampak gempa. (Foto: BPBD Kabupaten Malang for MalangTIMES)
Pendistribusian paket dembako dan terpal untuk kecamatan yang terdampak gempa. (Foto: BPBD Kabupaten Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Gempa bumi yang mengguncang wilayah barat daya Kabupaten Malang terjadi  tiga pekan yang lalu  atau 10 April 2021. Namun,  tidak berkurang simpati masyarakat untuk terus mengirimkan bantuan ke posko Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang.

BPBD Kabupaten Malang juga masih terus melakukan pendistribusian bantuan kepada masyarakat Kabupaten Malang yang terdampak gempa.

Jumat (30/4/2021) ini, BPBD Kabupaten Malang melakukan pengiriman paket sembako dan terpal ke tiga kecamatan yang terdampak gempa. Yakni Ampelgading, Tirtoyudo, dan Sumbermanjing Wetan.

Koordinator Logistik BPBD Kabupaten Malang Isa Anshori menjelaskan, hingga hari ini BPBD masih terus melakukan pendistribusian bantuan untuk warga yang terdampak gempa.

Isa memaparkan ada sebanyak 200 paket sembako dan 94 lembar terpal yang didistribusikan ke  Kecamatan Tirtoyudo, 150 paket sembako dan 75 lembar terpal untuk Kecamatan Ampelgading, serta 100 paket sembako untuk Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

Pendistribusian ini tidak disalurkan langsung kepada warga, namun disalurkan melalui pihak kecamatan karena pihak kecamatan yang lebih memahami titik mana saja yang menjadi prioritas. 

Sementara itu, walaupun bantuan dalam bentuk logistik atau barang yang masuk ke posko BPBD Kabupaten Malang tidak sebanyak pekan awal pasca-bencana gempa, masih ada bantuan yang masuk ke BPBD walaupun dalam jumlah yang sedikit.

"Bantuan masyarakat sudah mulai berkurang. Tapi masih ada sedikit demi sedikit yang masuk ke kami. Ini bantuan murni berupa barang dari masyarakat yang diberikan ke posko BPBD," ungkap Isa.

Pendistribusian bantuan berupa logistik tersebut diadakan secara rutin, bergantung pada jumlah bantuan logistik yang masuk. Beberapa pihak yang memberikan bantuan itu dari instansi pemerintahan, BUMN, dan perusahaan swasta.

Selain bantuan berupa paket sembako dan terpal,  ada juga perusahaan swasta yang bergerak di bidang pertambangan yang memberikan bantuan berupa alat berat untuk membantu BPBD Kabupaten Malang dalam merelokasi bangunan yang rusak akibat bencana gempa.

Topik
opini dito ariefbantuan korban gempaGempa MalangBPBD Kabupaten Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru