DED Digarap, New Macyto Siap Melenggang Temani Wisatawan Akhir Tahun ini

Apr 30, 2021 09:31
Bus Malang City Tour (Macyto) saat digunakan keliling kota oleh wisatawan. (Foto: source Instagram).
Bus Malang City Tour (Macyto) saat digunakan keliling kota oleh wisatawan. (Foto: source Instagram).

MALANGTIMES - Ini bisa menjadi kabar gembira bagi kalian yang menantikan beroperasinya Bus Wisata Kota Malang atau Bus Macyto (Malang City Tour). Setelah melalui beberapa tahapan panjang, di akhir tahun 2021 mendatang, bus yang direbranding namanya menjadi New Macyto ditargetkan akan melenggang ke jalanan di Kota Malang.

Nantinya, wisatawan lokal ataupun luar daerah yang ingin menikmati keliling Kota Malang dengan transportasi ikonik berwarna hijau ini, akan disambut dengan model bus yang berbeda.

Kepala Dinas Perhubunhan (Dishub) Kota Malang Heru Mulyono menyampaikan, saat ini prosesn penyusunan Detail Enginering Design (DED) New Macyto tengah digarap. Hal ini ditargetkan tuntas pada 10 Mei mendatang, sehingga bisa segera masuk ke tahapan selanjutnya.

"Tanggal 10 Mei ini kita targetkan perencanaan DED selesai, baru kita lapor ke pak wali (Wali Kota Malang Sutiaji), setelah itu kita naikkan ke proses pelelangan di ULP (Unit Pelayanan Pengadaan)," ujarnya.

Diakui Heru, jika proses untuk operasional New Macyto ini sebetulnya lebih mudah jika pengadaan baru. Namun, kali ini hal itu belum dilakukan, mengingat Bus Macyto lama memiliki nilai historis yang menjadikan salah satu barang ikonik Kota Malang.

"Memang, lebih mudah beli baru daripada upgrading. Tapi saat ini kita upgrade bus yang lama, karena ada nilai history-nya," imbuhnya.

Lebih jauh, Heru menjelaskan, anggaran untuk upgrading 2 unit Bus Macyto lama menjadi New Macyto ini belum diketahui secara pasti. Ia memperkirakan sekitar Rp 1 Miliar.

Konsepnya sendiri, dikatakan Heru, disesuaikan dengan atura Dirjen Perhubungan Darat. Pastinya, spesifikasi keamanannya juga harus memenuhi Sertifikasi Registrasi Uji Tipe (SRUT) dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Dimungkinkan, bus yang sebelumnya berlantai 2 ini, bagian atasnya akan direndahkan. Di mana, bak terbuka untuk wisatawan bisa melihat sekeliling Kota Malang masih akan diberikan sebagai fitur New Macyto yang baru.

Namun, dengan konsep baru tersebut, dipastikan tidak akan membahayakan karena saat beroperasional tidak lagi mepet dengan kabel yang menjalar dan juga ranting pohon.

"Desain baru kita tunggu aja, yang jelas kita ikuti aturan dari Dirjen perhubungan darat. Nanti tetap terbuka, tapi lebih pendek. Anggaran masih nunggu proses DED ya, tapi sekitar Rp 1 Miliar," tandasnya.

Topik
Bus Macytolayanan pengantaranWisatawanKota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru