Presiden Jokowi Kunjungi Kabupaten Malang, Wartawan Dilarang Meliput

Apr 29, 2021 09:56
Presiden Joko Widodo saat akan lepas landas menuju Jawa Timur (foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo saat akan lepas landas menuju Jawa Timur (foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

MALANGTIMES - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) lakukan kunjungan kerja ke provinsi Jawa Timur Kamis (29/4/2021). Pada kunjungan itu, tiga agenda akan dilakukan mulai dari Sidoarjo hingga Malang.

Sesuai jadwal, Joko Widodo beserta rombongan terbatas berangkat menggunakan pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta pukul 07.10 WIB.

Pesawat tersebut langsung tiba di Pangkalan TNI AL Juanda. Di sana, Joko Widodo akan menemui perwakilan keluarga korban KRI Nanggala 402 di Hanggar Lanudal Juanda.

Setelah tiba di acara tersebut, Joko Widodo beserta rombongan langsung menuju Pangkalan TNI AU Abdurrahman Saleh dan akan langsung melakukan peninjauan proses tanam dan panen padi di Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang. Di situ, presiden akan berdialog dengan perwakilan petani.

Usai meninjau proses tanam dan panen padi, Jokowi akan menuju ke lokasi terdampak gempa bumi 6,1 magnitudo di Desa Majangtengah, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang. Di sana presiden akan melihat tenda, proses trauma healing, dapur umum hingga tenda pengungsi.

Sayangnya, pada dua agenda kunjungan di Kabupaten Malang itu, wartawan tidak boleh meliput agenda orang nomor 1 di Indonesia itu. Hal itu juga disampaikan oleh Kabag Humas dan Protokol Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, Nur Fuad Fauzi, bahwa ditiadakan peliputan karena ingin menghindari penyebaran covid-19. “Tidak ada wartawan yang meliput selama kunker presiden. Tujuannya untuk mencegah penyebaran covid-19,” kata Fuad.

Akan tetapi, Fuad menjelaskan bahwa Setpres akan menyediakan live streaming kegiatan kepala negara itu. “Nanti akan dapat link live streaming. Kami juga siapkan dokumentasi foto, video, serta siaran pers,” terang dia.

Dalam kunjungan tersebut, Joko Widodo akan ditemani oleh Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Topik
Kabupaten MalangJoko WidodoJokowi

Berita Lainnya

Berita

Terbaru