Operasi Mata Semakin Efektif dan Nyaman dengan Teknologi Pacho Emulsifikasi RSI Unisma

Apr 28, 2021 17:16
Kegiatan operasi katarak oleh Dokter Spesialis Mata (Ist)
Kegiatan operasi katarak oleh Dokter Spesialis Mata (Ist)

MALANGTIMES - Pelayanan prima terhadap setiap pasien menjadi komitmen yang dipegang teguh Rumah Sakit Islam (RSI) Unisma. Karenanya, inovasi dan pengembangan pelayanan kesehatan terus dilakukan RSI Unisma untuk memberikan pelayanan kesehatan yang nyaman dan maksimal untuk para pasien.

Dan salah satu pelayanan kesehatan yang tersedia di RSI Unisma adalah pelayanan mengenai kesehatan mata, seperti halnya penyakit katarak. Di RSI Unisma, melayani operasi katarak yang ditangani oleh dokter spesialis mata.

Salah satu pelayanan unggulan yang dihadirkan untuk kenyamanan pasien saat operasi mata khususnya operasi katarak, RSI Unisma Malang menggunakan Teknologi Pacho Emulsifikasi.

Teknologi Phaco Emulsifikasi, yaitu teknik operasi katarak yang paling mutakhir. dr. Thohir juga mengungkapkan “bahwa banyak orang awam biasanya menyebut teknologi ini sebagai teknologi laser mata”.

Dengan teknik ini, dokter spesialis mata akan menggunakan getaran ultrasonik untuk menghancurkan lensa mata yang terkena katarak. Operasi katarak ini aman untuk semua pasien, termasuk bayi dengan katarak bawaan hingga pasien lansia.

Dengan Phaco Emulsifikasi, dokter spesialis mata tidak perlu membuat sayatan lebar sehingga operasi katarak dilakukan dengan cepat, mudah, aman dan tanpa jahitan. Sehingga pasien yang sudah dioperasi katarak dapat kembali mengerjakan aktivitas normal dalam waktu singkat.

Sementara itu, dalam jalannya operasi katarak, tentunya ditangani oleh dokter ahli di RSI Unisma. Salah satu dokter tersebut adalah dr Ahmad Thohir SpM.

Ya, dr Ahamd Thohir SpM merupakan dokter yang mendapatkan gelar spesialis di Universitas Brawijaya pada tahun 2005. Pria yang tergabung dalam Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) dan Dokter Ahli Mata Indonesia dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ini, kerap kali memberikan pengetahuan maupun konsultasi seputar kesehatan mata, salah satunya seperti katarak.

Dijelaskannya, jika penyebab paling umum katarak adalah proses penuaan. Namun selain itu, juga terdapat beberapa hal lain yang bisa menjadi penyebab katarak.

“Inilah mengapa mayoritas penderitanya adalah lansia. Tetapi, ada juga beberapa kondisi lainnya yang dapat menyebabkan katarak pada lensa mata, seperti penyakit diabetes dan kebiasaan merokok,” ujarnya.

Lebih lanjut dr.Thohir menjelaskan bahwa katarak adalah suatu penyakit yang memengaruhi fungsi lensa mata. Kondisi ini dapat terjadi karena protein pada lensa mata membentuk gumpalan, sehingga lensa mata menjadi keruh dan sulit ditembus cahaya.

Karena itu, gejala yang timbul adalah penglihatan kabur, berkabut, dan silau saat melihat cahaya. Akan tetapi, gejala lain yang bisa dialami oleh penderita adalah, seringkalinya berganti kacamata lantaran karena penglihatan yang kabur. Dan untuk diketahui, jika penyakit katarak ini tak bisa dihilangkan dengan obat, melainkan dengan cara operasi.

Dengan operasi katarak, lensa pasien yang terkena katarak akan diganti dengan lensa mata buatan. Jadi satu-satunya pengobatan katarak adalah hanya dengan operasi katarak.

“Pengobatan katarak hanya bisa dilakukan dengan operasi katarak oleh dokter spesialis mata. Ada beberapa teknik operasi katarak. Dan teknik canggih yang saat ini sudah sering digunakan oleh dokter spesialis mata adalah teknik Fakoemulsifikasi,” ungkapnya.

Di sisi lain, pada hari Sabtu (17/4/21), telah dilakukan operasi katarak mata kepada seorang pasien Sujarwo (61) yang juga dilakukan oleh dr. Thohir.

“Operasinya cepat, dan gak sakit hanya saat disuntik terasa ceklit, lalu gak terasa apa-apa. Alhamdulillah baik , nggak mumet (pasien) setelah operasi,” ucapnya.

Bagi para pasien, khususnya penderita katarak, segera saja langsung datang ke RSI Unisma Malang. Semua tindakan operasi katarak di RSI Unisma Malang , dilakukan oleh dokter spesialis mata yang sudah terlatih dan berpengalaman. Untuk informasi lebih lanjut dapat WA/SMS ke nomor Operator RSI Unisma Malang untuk informasi lebih lanjut atau reservasi Dokter Spesialis Mata RSI Unisma Malang 081 1314 8899.

Topik
RSI UnismaOperasi Katarakrumah aspirasiteknologi operasi katarak

Berita Lainnya

Berita

Terbaru