Penerimaan Siswa Baru Tingkat SMP di Kota Batu Sudah Dimulai secara Online, Ini Penjelasannya

Apr 28, 2021 08:15
Foto ilustrasi
Foto ilustrasi

BATUTIMES - Penerimaan  peserta didik baru (PPDB) tingkat SMP di Kota Batu telah dimulai secara online. Penerimaan secara online tersebut melalui jalur afirmasi, perpindahan orang tua, prestasi akademik/non-akademik. Dan, masing-masing jalur ada kuotanya.

Sedangkan jalur zonasi belum berlangsung. Masih akhir Juni nanti, penerimaan siswa baru jalur zonasi dibuka.

Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso memaparkan, kuota  jalur afirmasi 20 persen, jalur perpindahan orang tua 5 persen, jalur akademik/non-akademik masing-masing 10 persen, dan jalur zonasi 55 persen. Sedangkan di luar zonasi akan diurus oleh internal sekolah melalui jaringan terintegrasi antar-SMP di Kota Batu secara online.

"Jika calon peserta di jalur afirmasi, perpindahan orang tua dan prestasi telah terima, maka tidak diperbolehkan mendaftarkan diri melalui jalur zonasi," ujarnya, Rabu (28/4/2021).

Sebaliknya, peserta yang tidak diterima di jalur afirmasi, perpindahan orang tua, dan prestasi, maka diperbolehkan mendaftarkan diri melalui jalur zonasi sesuai ketentuan. "Pendaftaran tidak dipungut biaya apa pun," tandas dia.

Diinfokan, pendaftaran jalur afirmasi, perpindahan tugas orang tua atau wali, dan jalur prestasi dilaksanakan mulai 26 April hingga 28 April 2021. Sedangkan jalur zonasi dengan sistem daring dilaksanakan pada 21 hingga 23 Juni 2021 mendatang.

"Jika sudah ada pengumuman peserta yang lolas, maka harus verifikasi secara offline (datang ke sekolah yang dituju). Yang tidak lolos bisa mencabut berkasnya," kata Punjul.

Topik
Penerimaan Siswa BaruPemkot BatuBerita Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru