Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Peringatan Hari Otonom Daerah, Pemda Harus Bangkit dari Covid-19

Penulis : Mariano Gale - Editor : Lazuardi Firdaus

27 - Apr - 2021, 14:58

Wakil Presiden RI, K.H Ma'ruf Amin dalam Puncak Peringatan Hari Otonomi Daerah yang digelar secara virtual, Senin (26/4/2021) kemarin (foto: istimewa)
Wakil Presiden RI, K.H Ma'ruf Amin dalam Puncak Peringatan Hari Otonomi Daerah yang digelar secara virtual, Senin (26/4/2021) kemarin (foto: istimewa)

INDONESIATIMES-Peringatan Hari Otonomi Daerah XXV Tahun 2021, dengan tema “Bangun Semangat Kerja dan Tingkatkan Gotong Royong di Masa Pandemi Covid-19, untuk Masyarakat Sehat, Ekonomi Daerah Bangkit, dan Indonesia Maju,” menjadi momentum kepala daerah dalam mengatasi dampak pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Presiden RI, K.H Ma'ruf Amin dalam Puncak Peringatan Hari Otonomi Daerah yang digelar secara virtual, Senin (26/4/2021) kemarin.

"Peringatan ini merupakan momentum yang tepat untuk melihat kembali dinamika dan tantangan yang dihadapi pemerintah kedepan di tengah Pandemi Covid-19," ujarnya.

Pemerintah daerah diharapkan mampu adaptif, inovatif dan kolaboratif serta bersinergi untuk mewujudkan pembangunan dalam meningkatkan kualitas pelayanan.

"Pemda merupakan ujung tombak, pemerintahan agar selalu menjadi contoh dan pelopor baik dalam berinovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik maupun dalam menegakkan protokol kesehatan serta menyukseskan program vaksinasi seluruh Indonesia," ujarnya.

Wapres menyampaikan apresiasi kepada jajaran Kemendagri dan Kepala Daerah serta warga masyarakat seluruh Indonesia atas keberhasilan pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020 dengan tingkat partisipasi yang tinggi dan berjalan lancar.

"Melalui kepatuhan protokol kesehatan yang ketat pilkada tetap dilaksanakan sesuai rencana dan tidak berpotensi menimbulkan konflik," ujarnya.

Kebijakan otonomi daerah dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah diberi kewenangan khusus untuk mengatur peraturan tertentu.

"Melalui kebijakan otonomi daerah, pemerintah daerah mempunyai kebijakan sendiri dalam memajukan daerahnya. Dan perjalanan otonomi daerah selama 25 tahun ini berjalan dengan baik dan saya berharap pemerintah daerah untuk selalu berinovasi meningkatkan pelayanan publik dan penegakan prokes serta menyukseskan vaksinasi Covid-19," ujarnya.


Topik

Pemerintahan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mariano Gale

Editor

Lazuardi Firdaus