Dosen Unikama Lolos Program Visiting Researcher SIL Universitas Indonesia

Apr 25, 2021 15:54
Program Kolaborasi Research dan Publikasi yang diadakan oleh Cluster Social and Environment Sekolah Ilmu Lingkungan (SIL) Universitas Indonesia (UI) (Ist)
Program Kolaborasi Research dan Publikasi yang diadakan oleh Cluster Social and Environment Sekolah Ilmu Lingkungan (SIL) Universitas Indonesia (UI) (Ist)

MALANGTIMES  - Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) memang memiliki segudang sumber daya manusia berkualitas, baik dosen maupun mahasiswa. Salah satunya Dr Roni Alim Ba'diya Kusufa MPd. 

Ya, pria yang juga dosen Program Studi (Prodi) Geografi ini  lolos dalam program Kolaborasi Research dan Publikasi yang diadakan  Cluster Social and Environment
Sekolah Ilmu Lingkungan (SIL) Universitas Indonesia (UI).

Program kolaborasi riset dan publikasi itu tentang persamaan persepsi visiting researcher. Program ini tentunya juga merupakan salah satu bentuk pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Kegiatan ini bertujuan  meningkatkan kualitas dan kuantitas riset serta publikasi di jurnal internasional dan bereputasi dengan standar etika riset dan aturan kepengarangan,” ujar Roni.

Dr. Roni Alim Ba'diya Kusufa MPd (Ist)

Lebih lanjut dijelaskan, program ini nantinya akan menghasilkan antara lain  memorandum of agreement (MoA) direktur SIL UI dengan dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIP) Unikama hingga kemudian dalam implementasi berbagai pelaksanaan riset kerja sama dan publikasi jurnal bereputasi sesuai klasifikasi kuadran.

Lantaran belum memiliki Hirsch index (h-Index) Scopus, dalam program ini, Roni mengaku masuk dalam kuadran III. Meskipun masuk dalam kuadran III, dia memiliki publikasi jurnal Internasional bereputasi (Scopus) dan atau prosiding terindeks Scopus.

“Nantinya saya bisa publikasi pada jurnal internasional bereputasi terindeks Scopus Minimal Q4 (SJR di bawah 0,1) atau WOS (IF di bawah 0,5) status submitted pada tahun 2021 dan accepted pada tahun 2022,” tambahnya.

Penelitian yang dilakukan Dr. Roni Alim Ba'diya Kusufa MPd (Ist)

Sementara itu, dalam judul penelitiannya, dosen Prodi Geografi ini menjelaskan,  pengambilan judul juga menyesuaikan dengan road map penelitian dan kepakaran dari masing-masing dosen. Tema bebas yang ia ambil adalah Restorasi dan Konservasi Lingkungan Berbasis Partisipasi. 

Mengerucut pada judul penelitian, dijelaskan Roni,  judul penelitian yang ia ambil adalah "Adaptasi Masyarakat Pesisir Sendangbiru pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada Kawasan Konservasi Mangrove CMC Malang). Dengan penelitian yang dilakukan saat ini, pihaknya berharap ke depannya bisa lebih meningkatkan kolaborasi dan menghasilkan publikasi jurnal bereputasi.

"Tentunya akan terus ditingkatkan. Karena ini selian memperkuat keilmuan, juga dapat bermanfaat bagi pengembangan karir dosen," pungkas Roni.

Topik
unikama malangKolaborasi Unikama UIdinding penjara koblen

Berita Lainnya

Berita

Terbaru