10 Perempuan Paling Berpengaruh di Twitter, Dari Anya Geraldine Hingga Bude Sumiyati

Apr 25, 2021 11:59
Anya Geraldine (Instagram)
Anya Geraldine (Instagram)

MALANGTIMES - Media sosial Twitter hingga kini masih digandrungi sebagian masyarakat dunia, khususnya netizen Indonesia. Hal ini terbukti dengan adanya survei yang diterbitkan pada platform media sosial yang khas dengan cuitan dan info cepatnya ini.

Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang intelijen media, analisis data, dan kajian strategis berbasis software Artificial Intelligence (AI), Indonesia Indicator atau I2, beberapa waktu lalu merilis 10 tokoh perempuan paling berpengaruh di Twitter versi mereka.

Tokoh-tokoh perempuan ini didapuk I2 sebagai tokoh perempuan paling berpengaruh di Twitter berdasarkan analisis dari tweet yang beredar di lini masa para perempuan tersebut, selama periode Maret 2020 hingga Maret 2021.

Dari analisis mereka didapatkan hasil engagement atau tanggapan tertinggi dari netizen terhadap cuitan para perempuan tersebut.

Kira-kira siapa saja perempuan yang berpengaruh tersebut? Simak ulasannya berikut.

 

Anya Geraldine

1. Anya Geraldine (@Anyaselalubenar)

Perempuan yang kerap dikenal sebagai selebgram ini juga merambah di dunia Twitter dengan menuliskan segala aktifitas, curhatan, keluh kesah, dan juga perasaannya. Perempuan dengan nama asli Nur Amalina Hayati ini memiliki pengikut sebanyak 3,1 juta. 

Anya Geraldine yang menempati peringkat pertama berhasil mendapatkan angka engagement mencapai 3,3 juta.

 

Susi Pudjiastuti

2. Susi Pudjiastuti (@susipudjiastuti)

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia ini menempati urutan kedua setelah Anya Geraldine

Perempuan yang sudah lama terjun sebagai pebisnis tersebut selama ini sering mengunggah tulisan dengan nada kritikan atas kebijakan pemerintah. Sesekali, Susi juga mengomentari berbagai isu nasional.

Memiliki pengikut sebanyak 2,4 juta, hasil perhitungan engagement-nya masih jauh di bawah Anya Geraldine yakni sebesar 1,2 juta.

 

Nadhifa Allya Tsana

3. Nadhifa Allya Tsana (@ntsana_)

Seorang penulis perempuan dengan nama akun @ntsana_ ini melalui akun Twitter-nya kerap berinteraksi dengan pengikut serta membagikan banyak kutipan buku. Ia juga mengenalkan berbagai macam buku, film, dan karya lain. Akun dengan 2,4 juta pengikut ini berhasil mendapat tanggapan dari netizen sebesar 1 juta.

 

Zara Zettira

4. Zara Zettira (@zarazettirazr)

Mantan model yang kini juga merambah ke dunia politik ini seringkali menulis kritik yang ditujukan kepada pemerintah. Selain itu, ia juga kerap me-retweet usaha online para pengikutnya dan mendapatkan engagement sebesar 917,388.

 

 

Nadin Amizah

5. Nadin Amizah (@rahasiabulan)

Penyanyi sekaligus penulis lagu muda ini berhasil menempati posisi kelima. Pemilik akun @rahasiabulan memiliki 307,2 ribu pengikut dengan engagement 793.486,75. Sebagi penyanyi dan penulis lagu, ia juga aktif membagikan opininya di Twitter.

 

Andini Saras

6. Andini Saras (@ustadchen)

Andini Saras merupakan seorang figur publik yang kerap membagikan segala hal berbau Korea. Melalui akun @ustadchen, Andini memiliki jumlah pengikut mencapai 197,100 dan sebagian besar merupakan K-Popers. Ia berhasil mengantongi engagement sebesar 448.020,51.

 

Risa Saraswati

7. Risa Saraswati (@risa_saraswati)

Risa Saraswati yang dikenal sebagai YouTuber, penulis, dan content creator berbau hal mistis ini berhasil menempati urutan ketujuh. Pemilik akun @risa_saraswati ini memiliki 572,3 ribu pengikut dengan engagement sebesar 440.977,60.

 

Kalis Mardiasih

8. Kalis Mardiasih (@mardiasih)

Di peringkat kedelapan, ada nama Kalis Mardiasih, yakni aktivis perempuan yang memiliki akun Twitter bernama @mardiasih. Ia memiliki engagement sebesar 260.261,45 dan 113,2 ribu pengikut.

Dalam cuitannya, ia kerap membagikan hasil penelitiannya yang berkaitan dengan perempuan dan keislaman. Juga aktif menyuarakan hak-hak perempuan.

 

Raisa Andriana

9. Raisa Andriana (@raisa6690)

Penyanyi populer Indonesia, Raisa Andriana berhasil menempati posisi kesembilan dengan jumlah engagement mencapai 244,356 dan memiliki jumlah pengikut sebanyak 9 juta. 

 

Neti Herawati

10. Neti Herawati (@Budesumiyati)

Terakhir ada Neti Herawati dengan akun @BudeSumiyati. Memiliki jumlah pengikut sebanyak 770,1 ribu dengan total engagement 219.320,30. Ia kerap membagikan cuitan-cuitan humor yang berhasil menarik gelak tawa netizen. 

Topik
Lelang jabatan di Bondowosotwittertwitter indonesia

Berita Lainnya

Berita

Terbaru