Gunakan Kartu BPJS Kesehatan, Didik Lebih Mudah Dapatkan Layanan Fasilitas Kesehatan

Apr 24, 2021 17:46
M. Zuhdy Achmadi atau yang akrab disapa Didik saat menunjukkan KIS (Kartu Indonesia Sehat), Sabtu (24/4/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)
M. Zuhdy Achmadi atau yang akrab disapa Didik saat menunjukkan KIS (Kartu Indonesia Sehat), Sabtu (24/4/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Memiliki sebuah fasilitas jaminan kesehatan untuk saat ini merupakan harapan dari masyarakat Indonesia. Tak terkecuali yang dilakukan oleh M. Zuhdy Achmadi (56) atau yang akrab disapa Didik. Didik sudah sejak lama terdaftar menjadi peserta BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan dalam program JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat).

Didik mengatakan, bahwa dirinya merasa terbantu dengan adanya program JKN-KIS yang dapat bermanfaat untuk dirinya mengecek kondisi kesehatannya di fasilitas kesehatan yang telah ditetapkan.

"Saya merasa terbantu ya dengan adanya kartu ini. Khususnya saat saya membutuhkan layanan kesehatan. Kebetulan untuk fasilitas kesehatan tingkat I saya berada di Klinik Griya Bromo," ungkapnya kepada MalangTIMES.com, Sabtu (24/4/2021).

Lanjut Didik, kebetulan ia juga pernah memanfaatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) untuk mendapatkan layanan kesehatan di Klinik Griya Bromo, Kecamatan Klojen, Kota Malang untuk pemeriksaan gigi secara rutin.

"Saat saya sakit gigi berkepanjangan, saya menggunakan KIS untuk pelayanan di Klinik Griya Bromo. Disana saya dilayani dan diobati dengan beberapa kali penanganan. Pelayanannya pun nggak ribet ya. Cukup bawa fotokopi KTP (kartu tanda penduduk, red), KIS, sama mengisi formulir. Nanti keluar nomor register saya yang dalam nomor itu data layanan kesehatan saya terekam," jelasnya.

"Untuk penanganan selanjutnya, saya cukup menunjukkan KIS dengan nomor register awal. Saya langsung ditangani sesuai nomor antrean," imbuhnya.

Setelah mendapatkan pelayanan kesehatan melalui program dari BPJS Kesehatan tersebut, Didik mengatakan bahwa dirinya juga mendapatkan obat dan tidak perlu membayar lagi. Karena semuanya telah tercover dengan iuran premi setiap bulan yang dibayarkan.

Dengan banyaknya manfaat tersebut, Didik pun juga telah mendaftarkan keluarganya untuk menjadi peserta JKN-KIS dari BPJS Kesehatan. Dirinya bersama keluarga terdaftar sebagai peserta JKN-KIS Kelas I. Hal itu dilakukan untuk mendapatkan perlindungan kesehatan melalui layanan fasilitas kesehatan yang ada.

"Ya kita selain berdoa kepada Allah agar selalu diberikan kesehatan, juga harus berikhtiar agar terhindar dari penyakit. Salah satunya dengan menjadi peserta JKN-KIS ini," ujarnya.

Terakhir, dirinya berharap agar program kemudahan untuk mengaskes layanan fasilitas kesehatan dengan menjadi peserta JKN-KIS yang merupakan program dari BPJS Kesehatan terus ditingkatkan dan jika perlu terus ditambah. "Agar masyarakat dari berbagai lapisan mendapatkan layanan kesehatan yang sama," pungkasnya.

Topik
BPJS KesehatanJaminan KesehatanJKN KISKota Malangmasuknya islamBPJS Kesehatan Kota Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru