Berkat Olah Sampah, DLH Kota Malang Tampil di Ajang Tingkat Nasional

Apr 24, 2021 15:53
Foto ilustrasi
Foto ilustrasi

MALANGTIMES- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang terus berupaya menanggulangi tumpukan sampah yang kian hari kian membeludak jumlahnya di Kota Malang. Salah satu upaya yang dilakukan dengan mengolah sampah menjadi kompos. Selain mengolah sampah organik, juga mengolah sampah anorganik. 

Selain mengurangi jumlah tumpukan sampah, Kota Malang juga dipercaya untuk tampil di tingkat nasional dengan inovasi yang sudah dilakukan. Yakni, inovasi yang dinamai “Emas Hitam Diatas Tumpukan Sampah”.

Kepala DLH Kota Malang, Wahyu Setianto meninjau inovasi tersebut di TPS Velodrom. Wahyu mengatakan, peninjauan ini dengan maksud untuk mengembangkan inovasi 'Emas Hitam Diatas Tumpukan Sampah' untuk menuju ke tingkat nasional. "Kami mendapat prioritas untuk menjalankan inovasi tersebut ke tingkat nasional. Karena sampah di sana bisa terurai," kata Wahyu kepada MalangTIMES, Sabtu (24/4/2021).

Tidak hanya itu saja, pengelolaan tersebut juga mengelola sampah plastik dengan cara cacah atau biasa disebut pengelolaan pencacahan sampah plastik.

Hal itu juga berdampak positif bagi lingkungan masyarakat di sektor perekonomian mereka. Sebab, pengelolaan itu dikelola secara langsung masyarakat. "Jadi hasil pengelolaan tersebut mereka gunakan untuk kebutuhan ekonomi mereka. Kami hanya memfasilitasi mereka. Mereka juga ada paguyubannya itu," ujarnya.

Karena itu juga, sambung Wahyu, dalam inovasinya tersebut, pihaknya akan menonjolkan pengelolaan sampah yang juga berdampak positif bagi masyarakat.

Topik
Berita MalangDLH Kota MalangWahyu Setianto

Berita Lainnya

Berita

Terbaru