2 Menteri dan Kapolri Kunjungi Batu, Pantau Progres Kereta Gantung dan Jalan Tol

Apr 24, 2021 08:02
Wakil Kota Batu Punjul Santoso. (Foto: Dok/Jatim Times)
Wakil Kota Batu Punjul Santoso. (Foto: Dok/Jatim Times)

BATUTIMES -  Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menkopolhukam Mahfud MD, dan Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo akan berkunjung ke Kota Batu,  Senin 26 April 2021. Sejumlah agenda menjadi tujuan kunjungan kerja tersebut.

"Mereka akan datang dan melakukan kunjungan kerja ke Kota Batu. Nantinya mereka juga memantau rencana pembangunan kereta gantung dan jalan tol Batu-Kediri," ujar Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso, Sabtu (24/4/2021).

Selain itu, kunjungan kerja tersebut untuk melihat kondisi potensi wisata dan bidang industri di Kota Batu. Punjul menjabarkan, nantinya juga ada pembahasan terkait  jalan block cover mulai dari Pendem sampai Batu. Tentu dengan tujuan  kelancaran akses ke Kota Batu.

"Saya sudah sarankan ke pemkot untuk membentuk tim khusus pelaksanaan block cover. Dulu saya pernah melakukan perhitungan terkait pembiayaannya. Dan perlu adanya proposal anggran serta pembebasan lahan," kata Punjul.

Terkait peluang rencana pemerintah membangun tol Batu-Kediri, pembahasan ini telah dibahas hingga tingkat Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional). "Jika jalan tol Batu-Kediri dibangun, ini kelebihannya seperti apa, kemudian terkait investasinya bagaimana. Jika tidak dibangun, kita tahu sendiri kalau musim penghujan kan bahaya," ungkap Punjul. 

Maksud wakil wali kota, kalau tidak dibangun jalan tol Batu-Kediri, kondisi jalan raya saat ini sangat rentan saat musim hujan. Yakni sering terjadi longsor yang menutupi jalan atau badan jalan tergerus aliran sungai.

Menurut Punjul, awal rencana pembangunan tol Batu-Kediri tersebut berawal dari rencana pembangunan kereta gantung di Kota Batu. Rencana pembangunan itu yang kemudian disambut positif oleh menko maritim dan investasi. 

Adanya jalan tol Batu-Kediri nanti  bisa memudahkan akses jalan kedua daerah itu. Apalagi, Kota Kediri juga akan membangun lapangan udara internasional. "Apabila jalan tol Batu-Kediri dibangun, diperkirakan bisa menambah investasi di bidang apa pun," ucap Punjul.

 

Topik
Pemkot BatuJalan tol Batu KediriKasus buruh di Tulungagung

Berita Lainnya

Berita

Terbaru