Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Gaya

Ibu Hamil Jangan Takut Minum Kopi

Penulis : Ronny Wicaksono - Editor : Redaksi

23 - Nov - 2015, 14:42

Ilustrasi. (Foto: Googleimage)
Ilustrasi. (Foto: Googleimage)

MALANGTIMES - Perempuan saat hamil cenderung takut mengonsumsi kopi. Sebagian besar peremmpuan takut kehamilannya bisa bermasalah misalnya bisa menganggu kecerdasan dan perilaku janin. Namun dalam studi American Journal of Epidemiology perempuan hamil tak perlu mengkhawatirkan ini.

Baca Juga : Fashion Hijab Wud Hadirkan Koleksi Baru, Pertahankan Bisnis Saat Pandemi Covid-19

Dalam jurnal tersebut dijelaskan penelitian menganalisa data sekitar 2917 ibu hamil yang tergabung dalam Collaborative Perinatal Project (CPP) sejak1959 hingga 1974 (periode di mana sedikit orang khawatir tentang efek kafein). Penelitian ini lebih ditekankan mengenai metabolit kafein, yakni paraxanthine.

Setelah membandingkan, tingkat paraxanthine di 20 dan 26 minggu kehamilan dengan IQ dan perilaku anak di usia 4 dan 7 tahun, peneliti tidak menemukan pola yang konsisten antara asupan kafein selama hamil dengan IQ serta perilaku anak di kehidupannya.

Baca Juga : Sarung Tangan Mirip Kulit Manusia Bisa Cegah Covid-19? Unik atau Seram Ya?

Meski demikian ibu hamil tidak disarankan mengonsumsi kopi secara berlebhan. Salah satu peneliti, Sara A Keim mengatakan ibu hamil mengkonsumsi kafein dalam jumlah moderat atau setara dengan satu atau dua cangkir kopi sehari. (*)


Topik

Gaya ibu-hamil kopi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ronny Wicaksono

Editor

Redaksi