Fasilitasi Pelaku Seni dan Budaya, Disdikbud Sediakan Panggung Show Gandeng PHRI

Apr 23, 2021 15:15
Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Dr Dian Kuntari S STP M Si (23/4/2021)
Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Dr Dian Kuntari S STP M Si (23/4/2021)

MALANGTIMES - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang, melalui Bidang Kebudayaan terus memperhatikan para pelaku seni dan budaya di Kota Malang. Khususnya bagi para pemenang Malang Got Culture Talent (MGCT) 2021 maupun pelaku seni dan budaya pada umumnya di Kota Malang. 

Para pemenang atau juara pada MGCT 2021, akan di-support oleh Disdikbud Kota Malang untuk tampil atau show di hotel-hotel Kota Malang. Hal ini, merupakan tindak lanjut dari Perjanjian Kerjasama (PKS) Disdikbud Kota Malang dengan Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Malang.

"Hotel-hotel kita masuki, pemenang itu kita support tampil di sana, biar kebudayaan atau kesenian tradisional ini tidak berhenti. Kita tunjukkan bahwa kesenian tradisional di Kota Malang ini diperhatikan," terang Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Dr Dian Kuntari S STP M Si, saat ditemui di Disdikbud Kota Malang.

Hal ini tentunya mendapatkan sambutan yang sangat baik dari para pelaku seni budaya.  Sebab, mereka bisa kembali berkreasi, berekspresi setelah lama tak bisa beraktifitas lantaran masa pandemi Covid-19. "Dari situ, dengan seringnya tampil, mereka lebih kaya akan pengalaman. Selain itu, tentunya juga masih banyak manfaat lainnya yang bisa didapat," bebernya.

Mereka yang akan disupport tampil di hotel-hotel Kota Malang, bukan hanya mereka yang benar-benar pelaku seni saja. Para pelajar maupun tingkat pelajar yang juara MGCT 2021, juga akan dilibatkan dan diberikan kesempatan untuk tampil di hotel-hotel saat digelarnya sebauh acara.

"Kita fasilitasi juga mereka. Baik yang juara maupun yang tidak juara dalam MGCT tetap kita fasilitasi," bebernya.

Sementara itu, dalam MGCT 2021 telah muncul para juara dari empat kategori yang dilombakan. Kategori itu yakni, kategori cipta kreasi tari tradisional,  menari tari tradisional,  kidungan jula juli, dan cover lagu menggunakan alat musik tradisional, telah terpilih juara satu sampai juara tiga pada masing-masing kategori.

Untuk kategori cover lagu menggunakan alat musik tradisional, juara satu diraih  PPST SMPN 4 Malang, juara dua Sanggar Manunggal Jiwo, Juara ketiga grup band Ceje Coustic. Kemudian, untuk kategori kidungan jula juli, juara satu disabet Sanggar Widyaloka Among Rasa, juara dua PPST SMPN 4 Malang, juara ketiga yakni peserta perseorangan Wahyu Hadi Susilo.

Selanjutnya, untuk kategori menari tari tradisional jenjang SD, juara satu SDN Tunjungsekar 1 Malang, juara dua SDN Dinoyo 3 Malang (tim putri), juara tiga SDN Madyopuro 6 Malang. Sementara untuk jenjang SMP, juara satu diraih SMPN 4 Malang, juara dua SMPN 1 Malang, juara tiga SMP Katolik Mardi Wiyata Malang.

Untuk kategori terakhir, yakni kategori cipta kreasi tari tradisional, juara satu diraih Sanggar Kudo Maruto, juara dua Sanggar Putra Manggala, juara tiga Sanggar Turonggo Bagus Saputro.

Selain juara satu sampai juara tiga yang terpilih pada masing-masing kategori, juga terdapat juara favorit yang merupakan hasil vote dari para netizen pada masing-masing kategori. Yang pertama dari kategori menari tari tradisional tingkat SD, juara favorit yakni SDN Kesatrian 1 Malang dan untuk jenjang SMP diraih SMPN 24 Malang.

Untuk kategori cipta kreasi tari tradisional, juara favorit diraih oleh Sanggar Satria Madu Jaya. Di kategori cover lagu menggunakan alat musik tradisional, juara favoritnya SMPN 24 Malang. Dan di kategori kidungan juli-juli, juara favorit diraih peserta perseorangan Wahyu Hadi Susilo.

Topik
Berita MalangDisdikbud Kota Malangdian kuntari

Berita Lainnya

Berita

Terbaru