Ada Semen hingga Beras, Bantuan dari Pemkot Malang Meluncur ke Korban Gempa Kabupaten Malang

Apr 23, 2021 10:21
Pemberangkatan penyaluran bantuan oleh Wali Kota Malang Sutiaji (baju hitam) kepada korban gempa di wilayah Kabupaten Malang, Jumat (23/4/2021). (Ahmad Amin/MalangTIMES).
Pemberangkatan penyaluran bantuan oleh Wali Kota Malang Sutiaji (baju hitam) kepada korban gempa di wilayah Kabupaten Malang, Jumat (23/4/2021). (Ahmad Amin/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menyalurkan bantuan kepada warga terdampak gempa di wilayah Kabupaten Malang. Pagi ini (Jumat, 23/4/2021), Wali Kota Malang Sutiaji melepas bantuan untuk diberangkatkan menuju ke titik-titik terdampak gempa.

Ya, sebelumnya, gempa bermagnitudo 6,1 yang berpusat di Kabupaten Malang pada 10 April 2021 lalu menyita perhatian berbagai pihak. Ribuan rumah terdampak akibat guncangan gempa besar tersebut. Ada yang rusak berat, rusak sedang, dan rusak ringan. Getaran gempa juga turut dirasakan di beberapa wilayah lain di Indonesia.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, pemberian bantuan ini wujud dari kepedulian sosial antar-sesama. Bantuan tersebut hasil  pengumpulan dana dari seluruh perangkat daerah (PD) di lingkup Pemkot Malang.

"Apa yang menjadi kesusahan yang dirasakan saudara kita di Kabupaten Malang ini juga ikut merasakan. Alhamdulillah terkumpul tadi. Pengumpulannya melalui kepala dinas sambil kita gerakkan yang Gerbu (Gerakan Seribu) oleh ASN," ujarnya.

Adapun bantuan yang diberikan oleh Pemkot Malang ini berupa 8 ton semen, 3,5 ton beras, 400 paket sembako, serta uang tunai tunai sebesar Rp 85 juta.

Sutiaji menambahkan, kegiatan penyaluran bantuan ini nantinya juga masih akan berlangsung, terlebih bertepatan di bulan suci Ramadan. "Ini seterusnya akan kami lakukan, tidak akan berhenti di sini. Tadi simbolis pemberangkatan awal. Ketika ada yang kedua, ketiga, mudah-mudahan terus mengalir di bulan Ramadan ini," imbuhnya.

Lebih jauh, Sutiaji menyatakanbesar kemungkinan penyaluran bantuan juga akan menyasar ke wilayah terdampak gempa di Jawa Timur lainnya seperti Lumajang dan Blitar. Ia juga berpesan agar seluruh instansi dan  masyarakat yang mampu untuk ikut berpartisipasi dalam menyalurkan bantuan kepada warga terdampak gempa.

"Insya Allah (ke wilayah lain) sesuai dengan dana yang terkumpul nanti. Kami juga siap menyalurkan dari instansi-instansi terkait juga. Tapi, seluruh masyarakat bisa dititipkan kami, bisa disampaikan secara langsung kepada Pemerintah Kabupaten Malamg, dan sudah banyak dari warga Kota Malang yang ke sana," ungkapnya.

Penyaluran bantuan ini secara seremonial bakal diberikan langsung kepada Bupati Malang Sanusi di Pendapa Kabupaten Malang di Kepanjen. Selanjutnya, rombongan wali kota Malang juga akan menuju ke titik-titik lokasi dampak gempa. Salah satunya di Desa Majang Tengah RT 10 RW 02 Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang.

"Kami sudah oordinasi dengan sekretaris daerah (sekda) Kabupaten Malang. Rencananya nanti diterima Pak Bupati di Pendapa Kabupaten Kepanjen. Setelah itu, kami akan bergerak ke titik-titik lokasi," ungkapnya.

Topik
opini dito ariefBantuan Pemkot Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru