Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Ratusan ASN Pemkot Malang Jalani Tes Narkoba

Penulis : Arifina Cahyati Firdausi - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

23 - Apr - 2021, 10:11

Suasana tes narkoba ASN Pemkot Malang di Mini Block Office, Jumat (23/4/2021). (Ahmad Amin/MalangTIMES).
Suasana tes narkoba ASN Pemkot Malang di Mini Block Office, Jumat (23/4/2021). (Ahmad Amin/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang terus menggelorakan perang terhadap narkoba. Hari ini (Jumat, 16/4/2021), sebanyak 200 aparatur sipil negara (ASN) bagian kesekretariatan di lingkungan Pemkot Malang menjalani tes urine pemeriksaan narkoba.

Kegiataan tersebut bertujuan untuk memastikan pegawai di lingkup Pemkot Malang  bebas dari penyalahgunaan narkotika. Tes narkoba tersebut dilakukan di Gedung Bersama atau Mini Block Office dengan melibatkan tim dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Malang.

"Ini upaya bagaimana kami bisa menangkal penyalahgunaan narkoba. Caranya macam-macam. Ada yang sifatnya preventif. Yang saat ini kami lakukan bukan hanya tes urine. Secara promotif, kami juga menyampaikan seperti apa bahaya narkoba itu," ujar Wali Kota Malang Sutiaji.

Dilakukannya tes ini, sambung Sutiaji, juga bagian dari amanah regulasi. Yakni, penyalahgunaan narkoba wajib diperangi. Dan hal itu tak hanya terhadap ASN. Masyarakat umum juga  turut diberikan pemahaman tersebut.

"Secara regulatif, ini amanah undang-undang harus kita lakukan bersama. Kita perang terhadap narkoba. Juga perang terhadap diri kita sendiri. Terutama ASN, yang menjadi panutan masyarakat luas," tandas Sutiaji. 

Lebih jauh, jika didapati  ada ASN yang terjangkit narkoba dari hasil tes urine nantinya, Sutiaji mengatakan hal tersebut akan disesuaikan dengan jenis kasusnya. Yang bersangkutan dimungkinkan juga untuk dilakukan rehabilitasi.

"Dilihat dulu, apakah dia penyalahgunaan narkoba, apakah dia termasuk pengguna atau kecanduan. Tahapan-tahapan itu yang paham dari BNN, apa perlu direhabilitasi atau tidak. Dan mudah-mudahan ASN Kota Malang tidak  ada yang positif narkoba," pungkasnya.

Untuk diketahui, tes Narkoba di lingkup ASN Pemkot Malang kali ini merupakan kali kedua  dilakukan. Pekan lalu, pemeriksaan narkoba dilakukan kepada lembaga Satpol PP Kota Malang.


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Arifina Cahyati Firdausi

Editor

Sri Kurnia Mahiruni