Kaget Tagihan Air Meningkat? Ini Imbauan Perumda Tugu Tirta Air Minum Kota Malang buat Pelanggan

Apr 22, 2021 09:04
Imbauan Perumda Tugu Tirta Kota Malang buat pelanggan.
Imbauan Perumda Tugu Tirta Kota Malang buat pelanggan.

MALANGTIMES - Anda pelanggan Perumda Tugu Tirta Air Minum Kota Malang yang mengalami tagihan air? Ini ada imbauan agar penggunaan air bisa dimanfaatkan dengan baik sehingga bisa meminimalisasi tagihan air yang meningkat.

Memang banyak terjadi keluhan dari pelanggan yang menganggap remeh pemakaian air. Mereka kemudian kaget begitu mengetahui biaya tagihan yang meningkat. 

Humas dan SPV Sosial Media Perumda Perumda Tugu Tirta Air Minum Kota Malang
mengatakan, imbauan ini pada dasarnya mengajak pelanggan lebih berperan aktif dalam menghindari peningkatan tagihan rekening.

"Pelanggan sering tidak menyadari ketika tiba-tiba tagihan rekening meningkat dan merasa pemakaian selama ini wajar-wajar aja," ujarnya, Kamis (22/4/2021).

Kondisi di atas sering terjadi dan dialami pelanggan. Misalnya, pelanggan lupa menutup keran setelah pemakaian sehingga berakibat pemakaian air bertambah banyak. 

Pemakaian besar juga sering terjadi biasanya untuk mencuci mobil, motor. Kemudian pemakaian bersama, seperti kebutuhan rumah kontrakan dan kos-kosan.

"Bisa juga terjadi karena lupa bayar tagihan setiap bulan. Sehingga terjadi dobel tagihan dan adanya denda keterlambatan yang tentunya menambah tagihan rekening lebih besar," ujarnya.

Ada pula yang karena  instalasi pipa bocor (instalasi pipa dalam rumah). Karena sifatnya terpendam, titik bocor tidak kelihatan.

Untuk mengetahui adanya kebocoran pipa yang terpendam, ini imbauan dari Perumda Tugu Tirta Air Minum Kota Malang:
1. Buka stop keran dekat meter dan tutup semua keran setelah meter (dalam rumah).
2. Amati apakah angka meter berputar atau tidak.
3. Jika berputar, bisa dipastikan instalasi dalam rumah bocor karena angka meter akan berputar jika ada aliran.
4. Segera perbaiki titik bocor atau bikin instalasi baru dan usahakan jangan ditanam untuk memudahkan identifikasi jika sewaktu-waktu terjadi kebocoran lagi.
5. Perbaikan titik bocor akan menjadi tanggung jawab pelanggan karena setelah meter menjadi ranah atau tanggung jawab pelanggan.

Topik
Tagihan airBusana stylish buat ibu hamil

Berita Lainnya

Berita

Terbaru