Disaring 3 Terbaik untuk Dihadapkan Menteri, Nasib 6 Bacarek UIN Malang Tunggu Keputusan Pansel Kemenag

Apr 21, 2021 20:24
Suasana saat para anggota Senat UIN Malang akan melakukan Rapat Senat tertutup (20/4/2021)(doc MalangTIMES)
Suasana saat para anggota Senat UIN Malang akan melakukan Rapat Senat tertutup (20/4/2021)(doc MalangTIMES)

MALANGTIMES - Nasib enam bakal calon Rektor Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, kini menunggu keputusan Panitia Seleksi (Pansel) di Kementerian Agama (Kemenag). Pansel bakal kembali menyeleksi dan memilih tiga terbaik dari bakal calon Rektor yang akan diajukan ke tangan Menteri Agama. 

Ketua Senat UIN Maliki Malang, Prof Muhtadi Ridwan membenarkan hal tersebut. Pihaknya dan para anggota senat telah memberikan pertimbangan kualitatif terhadap enam bakal calon rektor dan kemudian langsung dilakukan pemberian pertimbangan kualitatif.

"Penilaian tadi sudah selesai hari ini juga, setelah para bakal calon ini mengisi Pernyataan Kualifikasi Diri (PKD)," jelasnya usai rapat senat tertutup, Rabu (21/4/2021).

Setelah pemberian pertimbangan kualitatif selesai diberikan para anggota senat terhadap enam bakal calon rektor, dokumen tersebut kemudian langsung dimasukkan pada sebuah amplop dan dan kemudian disegel. "Pemberian pertimbangan kualitatif sudah ada formnya juga," bebernya.

Dalam amplop yang tersegel tersebut, selain berisi hasil pemberian pertimbangan kualitatif, juga berisi form PKD yang diisi calon Rektor dan juga berkas dokumen administrasi enam bakal calon Rektor.  "Setelah itu saya serahkan kepada Kementrian melalui Rektor. Rektor akan memberikan berkas dokumen tersebut ke menteri bersama-sama dengan saksi, didampingi oleh saksi-saksi. Saksinya ada Prof Mulyadi dan juga Prof Agung Sedayu," jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, jika pemberian pertimbangan kualitatif yang diberikan oleh senat tersebut berdasarkan juga PKD yang diisi oleh para calon. Dalam pengisian PKD, terdapat enam instrumen yang harus diisi oleh enam bakal calon Rektor. 

Instrumen tersebut mulai dari, aspek moralitas / integritas diri, kepemimpinan, kemampuan manajerial, kompetensi dan reputasi akademik, kerjasama nasional dan internasional serta visi misi dan program. 

PKD masing-masing para calon kemudian digandakan dengan sejumlah anggota senat untuk menjadi bahan pertimbangan kualitatif." Semoga setelah ini ada kesimpulan atau keputusan terbaik. Para calon ini terbaik semua. Yang menarik hari ini semuanya suasananya happy," pungkasnya.

Topik
Pilrek UIN Maliki MalangProf Muhtadi RidwanUIN Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru