Bantu Tingkatkan PAD Kota Malang, DLH Akan Kawal Retribusi Jasa Umum

Apr 21, 2021 16:20
Kepala Bidang Persampahan dan B3 DLHK Kota Malang, Heri Sunarko saat ditemui di Kantor DLH Kota Makang, Selasa (20/4/2021) (foto: Mariano Gale/ JatimTIMES)
Kepala Bidang Persampahan dan B3 DLHK Kota Malang, Heri Sunarko saat ditemui di Kantor DLH Kota Makang, Selasa (20/4/2021) (foto: Mariano Gale/ JatimTIMES)

BATUTIMES-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang akan mengawal retribusi jasa umum pemungutan sampah. Dengan kawalan tersebut diharapkan agar Pendapatan Asli Daerah (PAD) bisa meningkat.

Kepala Bidang Persampahan dan B3 DLHK Kota Malang, Heri Sunarko mengatakan, dengan mengawal retribusi jasa umum pemungutan sampah tersebut juga harus dibuatkan di dalam Perda.

"Rencana kita akan ke sana, agar bisa membantu meningkatkan PAD Malang. Akan tetapi perlu persetujuan di gubernur juga untuk Perdanya," ujarnya, Rabu (21/4/2021).

Selain itu, juga perlu ditunjang dengan fasilitas yang baik dan mumpuni. Menurutnya, armada yang dimiliki DLH Kota Malang sudah lebih dari 15 tahun pemakaian.

"Armada kita sudah tua, jadi perlu pembaruan atau tambahan. Seperti kendaraan Road Sweeper atau penyapu jalan itu hanya satu saja," ujarnya.

Di lain sisi, terkait proses penarikan sampah di setiap lingkungan, Heri  menerangkan, ada dua jenis penarikan yang dilakukan. Pertama pembayaran melalui DLH langsung dan kedua, bisa melalukan pembayaran melalui PDAM.

"Jika penarikan di setiap RW/RT itu, dikatakan swadaya kelola. Jadi setiap RW/RT membuat anggaran sendiri untuk memungut sampah di setiap rumah. Anggaran itu dari iuran mereka," ujarnya.

Topik
DLH Kota BatuPAD Kota MalangRetribusi Jasa Umum

Berita Lainnya

Berita

Terbaru