Kurang Percaya Diri Terhadap Kulit Kering? Coba Cara Alami ini Untuk Atasi dengan Tepat!

Apr 21, 2021 14:57
Cara alami mengatasi kulit kering
Cara alami mengatasi kulit kering

JATIMTIMES - Kulit kering merupakan masalah kulit yang bisa jadi sangat mengganggu. Kulit kering adalah kondisi ketika lapisan kulit paling atas (epidermis) tidak mendapatkan kelembaban yang cukup.

Selain kasar saat diraba, kulit kering juga akan terlihat kusam. Bahkan, jika kulit keringmu sudah meradang, wajah pun otomatis akan terasa perih. Untuk mengatasi kondisi tersebut, tidak cukup hanya dengan menggunakan pelembab saja.

Berikut cara mengatasi kulit kering secara alami dilansir dari berbagai sumber. Cara ini mungkin tepat diaplikasikan untuk kalian yang memiliki kulit kering dan tidak cocok dengan berbagai jenis skincare. 

1. Konsumsi makanan kaya antioksidan dan omega-3

Ada beberapa makanan yang dapat membantu kulit Anda terlihat lebih sehat, terhindar dari kulit kering. Makanan yang kaya antioksidan dapat meminimalkan kerusakan kulit akibat racun dan membantu tubuh Anda membuat sel-sel sehat.

Beberapa makanan yang berkontribusi terhadap kesehatan kulit termasuk blueberry, tomat, wortel, kacang polong, kacang-kacangan, buah-buahan, dan berbagai jenis sayuran. Makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 seperti salmon, juga dapat berkontribusi pada terciptanya kulit lebih cerah.

2. Mengoleskan minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat emolien. Emolien dapat mengisi ruang di antara sel-sel kulit, menciptakan permukaan yang halus.

Itu sebabnya, asam lemak jenuh yang terjadi secara alami dalam minyak kelapa dapat melembapkan dan menghaluskan kulit.

Anda dapat menggunakan minyak kelapa setiap hari di bagian tubuh yang paling sensitif sekalipun. Ini termasuk area di bawah mata dan di sekitar mulut Anda.

Keuntungan lain dari minyak kelapa adalah Anda tidak perlu mencampurnya dengan apa pun. Minyak kelapa cukup lembut untuk penggunaan sehari-hari.

3. Makan ikan

Para ahli juga menyarankan kamu untuk banyak makan ikan sebagai cara mengatasi kulit kering secara alami. Cobalah menyeimbangkan diet kamu dengan lebih banyak mengonsumsi ikan dan sayuran untuk memberi tubuh dosis asam lemak dan vitamin, membuat kulit lebih kenyal dan terhidrasi.

4. Gunakan lidah buaya

Lidah buaya merupakan salah satu bahan terbaik yang dapat digunakan sebagai kosmetik dan obat alternatif. Kandungan nutrisi yang terdapat pada lidah buaya dapat membantu melawan sengatan matahari dan kulit kering.

Cara mengatasi kulit kering secara alami dengan lidah buaya adalah kamu dapat menggunakan krim yang terbuat dari gel lidah buaya dan minyak almond. Jika memiliki masalah kulit kering pada bagian yang berambut, kamu tidak perlu mencukur terlebih dahulu. Krim ini dapat melumasi daerah berambut yang mengalami kulit kering.

5. Jangan mandi menggunakan air panas

Mandi menggunakan air panas bisa membuat kulit malah semakin kering. Pasalnya, mandi dengan air yang terlalu panas dapat menghilangkan minyak alami yang berfungsi menjaga kelembapan kulit.

Sebagai solusi, hindari penggunaan air panas untuk mandi untuk mencegah dan mengatasi kulit kering. Akan lebih baik, jika Anda mandi dengan menggunakan air dingin atau air hangat.

Topik
kulit keringminyak kelapalidah buayaRA Kartini
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru