Komitmen Berikan Pelayanan Prima, RSI Unisma Sediakan Layanan Home Care

Apr 20, 2021 18:50
Petugas RSI Unisma yang tengah memberikan pelayanan Home Care kepada pasien (foto: Istimewa)
Petugas RSI Unisma yang tengah memberikan pelayanan Home Care kepada pasien (foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Rumah Sakit Islam Universitas Islam Malang (RSI Unisma) memberikan pelayanan prima terhadap para pasien maupun pengguna jasa. Pelayanan prima tersebut adalah Layanan Home Care. Home Care merupakan layanan perawatan yang diberikan RSI Unisma di rumah pasien maupun pengguna jasa.

Kadiv Rawat Jalan Rawat Jalan dan Inap RSI Unisma, Elin Erawati SKep NS, menjelaskan, Home Care merupakan sebuah layanan tambahan yang dimiliki RSI Unisma sejak lama. Bahkan, layanan tersebut telah dirilis sejak periode 2013.

"Memang sudah lama sejak beberapa tahun lalu. Cuma kita baru promosi sekarang ini. Ini memang kami jadikan layanan tambahan atau layanan plus buat pasien," terangnya, saat dihubungi Selasa (20/4/2021).

Lebih lanjut dijelaskannya, jika awalnya Home Care merupakan layanan yang hanya dikhususkan untuk para pasien yang dirawat inap di RSI Unisma. Namun seiring berjalannya waktu dan komitmen RSI Unisma untuk memberikan pelayanan prima, pengguna jasa di luar pasien RSI Unisma juga bisa menggunakan pelayanan tersebut.

Penanganan Home Care dilakukan secara profesional, sesuai standar rumah sakit guna mempercepat pemulihan dan meningkatkan kemandirian pasien.  

"Jadi memang awalnya untuk pasien RSI Unisma. Jadi pasien-pasien yang pulang tapi masih belum bisa mandiri, tapi berkembang untuk juga pasien di luar rumah sakit kami. Misalnya masih pakai selang nutrisi, masih harus latihan mobilisasi untuk pasien struk, masih pakai kateter, kami akan membantu pasien dan keluarga untuk bisa melakukan perawatan mandiri,"  terangnya.

Hal ini tentunya menjadi solusi bagi pasien maupun pengguna jasa yang sulit untuk pergi atau datang ke rumah sakit. Para petugas yang memberikan layanan Home Care, dijelaskan Elin juga merupakan petugas berpengalaman. Saat ini beberapa jenis layanan seperti perawatan luka atau ganti perban, pasang infus, catheter, menyuntik (injeksi), asuhan nutrisi pada pasien yang menggunakan selang makan (NGT), perawatan geriatri, dan pemenuhan kebutuhan pasien untuk perawatan di rumah lainnya.

"Ada beberapa pasien yang salah persepsi, dikira kami menyediakan pelayanan menunggui 24 jam. Kami hanya melakukan tindakan membantu pasien dan keluarga mandiri," terangnya.

Hanya saja, dalam pelayanan Home Care, diakui Elin masih terbatas pada layanan keperawatan maupun rehab medik. Sementara untuk pelayanan medis, seperti halnya dokter, masih belum bisa diakomodir lantaran keterbatasan tenaga maupun hal lainnya yang harus dipertimbangkan. 

"Mereka yang benar-benar membutuhkan pelayanan perawatan di rumah memang kami siap layani. Tapi nantinya juga harus melalui screening," tuturnya.

Dari segi biaya, tak usah khawatir. Sebab, tarif yang diterapkan sama halnya saat pelayanan di rumah sakit, namun diambil pada tarif untuk kelas dua. Sementara untuk jarak yang lebih dari lima kilo meter dari rumah sakit, dikenakan biaya tambahan transportasi.

Kedepan pihaknya berharap, dalam Home Care nantinya tak hanya layanan keperawatan semata. Namun juga bisa pelayanan lainnya yang itu tentu sangat membantu pasien, terutama pasien yang tidak bisa mobilisasi.

Sementara itu, bagi masyarakat yang membutuhkan layanan Home Care dari RSI Unisma, bisa menghubungi nomor WA Operator RSI Unisma 081 1314 8899, setiap hari dan selama 24 jam (untuk reservasi).

Topik
RSI Unismalayanan RSI Unisma

Berita Lainnya

Berita

Terbaru