Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Advertorial

Menekan Penggunaan Sampah Plastik, DLH Kota Malang Dorong Pembuatan Perda

Penulis : Mariano Gale - Editor : A Yahya

20 - Apr - 2021, 14:31

Kepala Bidang Persampahan dan B3 DLHK Kota Malang, Heri Sunarko saat ditemui di Kantor DLH Kota Makang, Selasa (20/4/2021) (foto: Mariano Gale/Jatim Times)
Kepala Bidang Persampahan dan B3 DLHK Kota Malang, Heri Sunarko saat ditemui di Kantor DLH Kota Makang, Selasa (20/4/2021) (foto: Mariano Gale/Jatim Times)

MALANGTIMES - Mengingat menumpuknya sampah plastik dan juga berakibat sangat buruk bagi lingkungan untuk ke depannya, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang  mendorong adanya pembuatan Peraturan Daerah (Perda). Dengan adanya Perda terkait penggunaan sampah plastik, mampu mengurangi penggunaan sampah plastik yang berlebihan.

Kepala Bidang Persampahan dan B3 DLHK Kota Malang, Heri Sunarko mengatakan, pihaknya berharap agar segera dibuatkan Perda terkait sampah plastik. Menurutnya, sampah plastik akan berdampak negatif bagi lingkungan untuk ke depannya. "Sampah plastik ini sangat penting untuk ditangani secara serius. Karena sudah ada di beberapa daerah/kota yang sudah memiliki Perda terkait sampah plastik," ujarnya.

Lanjutnya, untuk di Kota Malang sendiri, sudah mempunyai Surat Edaran Wali Kota Malang Nomor 8 Tahun 2021 Tentang Pengurangan Sampah Plastik. Sehingga, membuat sikap masyarakat tetap acuh.

"Kalau SE ini kan hanya sekedar imbauan saja. Jika dibandingkan dengan Perda kan ada sanksinya. Jadi masyarakat ini takut jika ada sanksi yang berlaku. Jadi harus ada kesadaran dari masyarakat sendiri," ujarnya.

Akan tetapi dalam pembuatan Perda ini, tidak lah mudah. Harus melalui tahap kajian yang berlaku. "Prosesnya itu lama, harus dirembuk bersama para dewan maupun biro hukum. Setelah itu harus menunggu keputusan atau persetujuan dari Gubernur," ujarnya.


Topik

Advertorial


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mariano Gale

Editor

A Yahya