Isu Reshuffle Kabinet Makin Menguat: 6 Menteri dan 1 Kepala Badan akan Diganti

Apr 19, 2021 16:37
Kabinet Indonesia Maju (Foto: Bisnis.com)
Kabinet Indonesia Maju (Foto: Bisnis.com)

INDONESIATIMES - Isu pergantian atau reshuffle dalam Kabinet Indonesia Maju belakang ini semakin menguat. Kabar ini pun lantas membuat banyak pihak penasaran siapa menteri dalam pemerintahan Jokowi dan Ma'ruf Amin yang akan diganti. 

Bahkan, kabarnya tak hanya dalam jajaran menteri, ada pula salah satu kepala badan yang akan diganti. Kini muncul isu jika akan ada sejumlah menteri yang akan diganti. 

Melansir melalui temuan eksklusif detik.com, ada 6 menteri yang sedang dikaji untuk direshuffle. Kemudian terdapat pula 1 kepala badan yang juga sedang dipertimbangkan oleh Jokowi. 

6 posisi menteri itu termasuk posisi puncak di Kemendikbud-Ristek dan Kementerian Investasi. Sayangnya, soal nama-nama yang dipertimbangkan untuk diganti masih belum ada kejelasan. 

Soal siapa kandidat menteri baru, sejauh ini terdapat 2 orang yang secara terbuka mengakui dipanggil ke Istana di tengah isu reshuffle. Mereka ialah anggota DPR Fraksi NasDem Rapsel Ali dan tokoh muda NU Witjaksono. 

Keduanya disebut-sebut akan menjadi kandidat Menteri Investasi. Namun sebenarnya tak hanya 2 orang itu saja. 

Terdapat 1 nama lagi yang kabarnya sudah dipanggil Jokowi sebagai kandidat calon Menteri Investasi. Sosok itu pun masih belum diketahui hingga kini. 

Sementara itu, elite PKB Luqman Hakim sebelumnya pernah menyebut jika akan ada menteri yang direshuffle berinisial M. Seperti diketahui, setidaknya ada 4 anggota kabinet yang namanya berinisial M. 

Mereka yaitu, Menko Polhukam Mahfud Md, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dan Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko. Kendati demikian, soal wacana reshuffle ini, pihak Jokowi ataupun Istana masih belum memberikan konfirmasi apapun. 

Topik
Kabinet Indonesia MajuReshuffle Kabinet

Berita Lainnya

Berita

Terbaru