Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

Jangan Ketinggalan, Ini Fadhilah Salat Tarawih di Malam Ke-8

Penulis : Muhamad Muhsin Sururi - Editor : Yunan Helmy

19 - Apr - 2021, 15:53

Ilustrasi shalat berjama'ah. (Foto: dok. Google)
Ilustrasi shalat berjama'ah. (Foto: dok. Google)

TULUNGAGUNGTIMES - Bagi umat islam, salat tarawih memiliki banyak keutamaan atau fadhilah. Allah akan mengampuni dosa dan memberikan banyak imbalan kepada hambanya yang rajin dan ikhlas menjalankan salat tarawih di setiap malam bulan ramadan. Melewatkan satu malam saja kita akan merasa sangat merugi.

Berdasarkan hadist Ali bin Abi Thalib ra, melaksanakan salat tarawih setiap malam mempunyai fadhilah yang berbeda-beda. Fadhilah melaksanakan tarawih pada malam ke-8 atau nanti malam, Senin (19/04/2021), adalah "Allah memberikan keutamaan pada orang yang beribadah seperti yang Ia berikan pada Nabi Ibrahim Alaihis Salam."

Maka dari itu, jangan sampai dilewatkan shalat tarawih pada malam ke-8, jika ingin mendapat fadhilah keutamaan beribadah seperti yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Ibrahim AS.

Selain itu, Syekh Taqiyuddin al-Hishni dalam karyanya Kifayatul Akhyar menegaskan, bahwa kesunnahan salat tarawih merupakan kesepakatan seluruh ulama dari berbagai mazhab. Tidak dianggap pendapat-pendapat yang menyelisihi konsensus tersebut.

“Adapun salat tarawih, tidak diragukan lagi di dalam kesunnahannya. Kesepakatan ulama telah menjadi kukuh di dalam kesunnahannya, yang demikian dikatakan tidak hanya satu orang. Tidak dianggap pendapat-pendapat yang menyimpang” (Syekh Taqiyuddin al-Hishni, Kifayah al-Akhyar, hal. 89).

Keutamaan salat tarawih juga dijelaskan dalam beberapa hadits, diantaranya hadits Nabi riwayat Imam al-Bukhari, Muslim dan lainnya.

“Barangsiapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau” (HR al-Bukhari, Muslim, dan lainnya).

Pengertian salat tarawih sendiri adalah salat yang dilaksanakan pada malam bulan ramadan setiap harinya atau salat malam atau qiyamul lail yang dilaksanakan pada bulan ramadhan. Hukum salat tarawih adalah sunnah muakad atau sangat dianjurkan untuk dilaksanakan.

Selain salat tarawih, masih banyak keistimewaan ramadan yang dapat dirasakan oleh seluruh umat islam termasuk puasa ramadan, tadarus atau membaca Al-qur'an dan ibadah-ibadah lain sesuai yang diperintahkan agama Islam. Untuk itu bulan Ramadan sering disebut sebagai bulan penuh hikmah.


Topik

Agama


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Muhamad Muhsin Sururi

Editor

Yunan Helmy