Proyek Berlanjut, Ketua DPRD Kota Malang Usul MCC Dilengkapi Galeri Seni

Apr 17, 2021 20:50
Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika saat berada di Ruang Sidang DPRD Kota Malang, Kamis (1/4/2021). (Foto: Istimewa)
Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika saat berada di Ruang Sidang DPRD Kota Malang, Kamis (1/4/2021). (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Tahap pembangunan Malang Creative Center (MCC) masih terus berjalan. Megaproyek yang direncanakan dilaksanakan secara multiyears itupun terus mendapatkan pantauan dari DPRD Kota Malang. Legislatif pun mengusulkan agar ada beberapa hal yang dikuatkan untuk membangun MCC.

Salah satunya seperti yang disampaikan Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika. Politisi PDI Perjuangan itu mengusulkan agar pembangunan MCC juga dilengkapi ruang galeri khusus bagi para seniman yang berada di Kota Malang. Sehingga, nantinya MCC juga dapat dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat, khususnya masyarakat Kota Malang.

"Bisa itu nanti di MCC dibuatkan galeri khusus. Semua kegiatan seni bisa diwadahi disana. Di Kota Malang meski iklimnya tak seperti di Bali tetap harus punya galeri seni khusus, di lokasi yang juga representatif," ungkap pria asli Jembrana, Bali yang sejak tahun 1990 sudah merantau ke Kota Malang itu.

Pria yang akrab disapa Made ini menuturkan, bahwa untuk saat ini memang benar terdapat Gedung DKM (Dewan Kesenian Malang). Namun belum maksimal terkait pemanfaatannya bagi para seniman di Kota Malang. 

"Kalau DKM sebenarnya bisa, tapi selama ini kurang maksimal," katanya.

Lanjut Made, bahwa nantinya dengan keberadaan MCC, tidak hanya karya seni rupa yang ditampilkan. Namun dengan dibuatnya ruang galeri khusus di dalam MCC akan dapat dimanfaatkan untuk pertunjukan karya seni lintas bidang.

"Upaya membangkitkan ekonomi di sektor kreatif dan seni Kota Malang berjalan selaras dengan pembangunan infrastruktur dan juga pariwisata," ujarnya.

Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan, bahwa dari dunia seni juga dapat diselaraskan dengan dunia wisata. Nantinya dengan adanya MCC di Kota Malang, dapat menjadi destinasi wisata baru di Kota Malang dan juga dapat dijadikan cara bagi pemerintah untuk mendongkrak perekonomian masyarakat yang sempat terganggu akibat pandemi Covid-19.

Lebih lanjut Made juga menuturkan bahwa potensi para seniman di Kota Malang juga sangat istimewa dan tidak kalah dengan Bali yang terkenal sebagai jujukan destinasi bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Maka dari itu, Pemkot Malang memang sudah saatnya membuat terobosan untuk menyediakan infrastruktur penunjang dan mewadahi para seniman di Kota Malang. Made pun mencontohkan seperti di Kayutangan Heritage yang dapat menjadi tempat bagi para seniman di Kota Malang untuk berekspresi.

"Mungkin di Kayutangan Heritage, itu nanti bisa ada pusat kesenian. Kita sangat mendukung hal itu," tuturnya.

Terakhir, Made sebagai wakil rakyat yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Malang berkomitmen akan terus berjuang dan berupaya mewadahi seluruh aspirasi dari para seniman di Kota Malang.

"Kami di Dewan mendukung penuh aspirasi pelaku seni. Akan kami perjuangkan juga mulai dari pengawasan hingga penganggaran mega proyek MCC ini. Kita siap back-up," tegasnya.

Topik
Malang Creative CenterDPRD Kota MalangI Made Riandiana Kartikatubuh berisiKota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru