Tahap Awal, DPD LIRA Malang Raya Salurkan Bantuan di 3 Titik di Kabupaten Malang

Apr 17, 2021 19:38
Dari kiri: Ketua DPD LIRA Malang Raya, M Zuhdy Ahmadi, Wakil Ketua DPD LIRA Malang Raya Haveri Hamid saat berbincang dengan salah satu korban gempa (foto: istimewa)
Dari kiri: Ketua DPD LIRA Malang Raya, M Zuhdy Ahmadi, Wakil Ketua DPD LIRA Malang Raya Haveri Hamid saat berbincang dengan salah satu korban gempa (foto: istimewa)

MALANGTIMES - DPD (Dewan Pimpinan Daerah) LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) Malang Raya salurkan bantuan kepada korban gempa bumi berkekuatan 6,1 magnitudo yang terjadi Sabtu (10/4/2021) lalu.

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan di tiga titik, yakni Dusun Pamotan Krajan dan Dusun Sumberayu Santren, Desa Pamotan, Kecamatan Dampit dan Kecamatan Turen, Sabtu (17/4/2021).

Ketua Tim Relawan sekaligus Wakil ketua DPD LSM LIRA Malang Raya, Haveri Hamid mengatakan bahwa pihaknya turut prihatin dengan gempa bumi yang terjadi beberapa hari lalu. Oleh karena itu, saat ini ia bersama anggota lain turun ke lapangan untuk menberikan bantuan.

“Ada tiga titik lokasi korban bencana yang kami kunjungi hari ini, mulai dari Dusun Pamotan Krajan, Dusun Sumberayu, dan Turen. Mudah-mudahan bermanfaat dan kami terus berusaha membantu korban bencana,” kata Haveri, Sabtu (17/4/2021).

Lanjut Haveri, LIRA Malang Raya nantinya akan mengirimkan bantuan berupa paket sembako dan material bangunan. “Kami memberikan 200 paket sembako dan material bangunan agar masyarakat yang rumahnya rusak bisa segera dibangun kembali,” terang Haveri.

Disinggung mengenai kenapa memberi bantuan langsung kepada masyarakat dan tidak melalui posko yang ada di kantor desa. Haveri menjelaskan bahwa pihaknya ingin melihat langsung dan ikut merasakan apa yang dirasakan oleh korban gempa. Karena baginya, gempa tersebut bukan hanya membuat masyarakat kesusahan ketika memasuki bulan Ramadan namun juga secara psikis membuat masyarakat sedikit trauma akan terjadi bencana kembali.

“Kami ingin bersentuhan langsung kepada masyarakat. Karena kalau melalui desa masih ada mekanisme lagi, jadi kami ingin langsung kepada masyarakat,” jelas dia.

Bukan hanya hari ini, DPD LIRA Malang Raya rencananya akan berupaya untuk memberikan bantuan di tahap selanjutnya. Pasalnya, hingga saat ini pihaknya menilai bahwa ada beberapa masyarakat yang sangat membutuhkan bantuan dengan segera.

“Ini (bantuan) yang pertama, kalau selanjutnya kami terus berupaya, intinya kami tidak berakhir disini,” tukasnya.

Topik
Korban GempaLIRa Malang RayaKabupaten MalangGempa Bumi

Berita Lainnya

Berita

Terbaru