Tips Ngabuburit Tanpa Perlu Keluar Rumah, Dijamin Usir Bosan

Apr 17, 2021 15:56
Ilustrasi orang bosan dirumah (picture: pixabay)
Ilustrasi orang bosan dirumah (picture: pixabay)

INDONESIATIMES - Tak terasa puasa tahun ini sudah memasuki hari ke-4. Bulan ramadan tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Karena pandemi kita harus menjalankan protokol kesehatan, jaga jarak dengan sesama dan membatasi aktivitas di luar rumah.

Dengan hanya di rumah saja tentu kita mudah sekali merasakan yang namanya bosan. Apalagi saat sedang menunggu waktu untuk berbuka puasa. Hal-hal yang biasanya kita lakukan, tidak bisa lagi dilakukan karena harus mematuhi protokol kesehatan. Tentunya kita harus mencari alternatif lain untuk mengatasi kebosanan selama menunggu waktu berbuka.

Berikut ini tips ngabuburit di rumah aja yang bisa hilangkan bosan kamu.

1.Olahraga

Tetap di rumah saja bukan berarti tidak bisa berolahraga. Kita tetap harus menjadi tubuh dalam kondisi fit dengan cara berolahraga. Tidak perlu olahraga yang ribet-ribet, olahraga yang ringan seperti workout, lompat tali, yoga, treadmil, dan angkat beban sudah cukup untuk menghilangkan rasa bosan saat ngabuburit di rumah aja. Selain menghilangkan rasa bosan, olahraga saat ngabuburit juga menjaga tubuh kita agar tetap fit dan tidak mudah terkena penyakit, terutama pada masa pandemi seperti ini.

2. Siapkan menu untuk berbuka

Karena kita di rumah saja, pasti kita mempunyai waktu yang lebih. Dari pada kita membeli hidangan untuk menu berbuka puasa, alangkah lebih baiknya jika kita menyiapkan sendiri hidangan untuk berbuka puasa nanti. Selain untuk menghemat pengeluaran memasak sendiri hidangan berbuka puasa juga bermanfaat untuk kesehatan karena kandungan dan khasiat dari hidangan kita sudah pasti terjamin. 

Bagi teman-teman yang tidak bisa memasak, ini adalah saat yang tepat untuk mengasah ilmu Anda dengan belajar memasak. Sekarang sudah banyak tutorial-tutorial memasak berbagai hidangan di youtube yang dapat membantu kamu belajar.

3.Meningkatkan Ibadah

Dengan banyaknya waktu luang di rumah saja menjadi kesempatan bagi kita untuk meningkatkan ibadah kita. Bulan ramadan juga tidak ada setiap hari melainkan satu tahun sekali dan mari manfaatkan momen bulan suci  ini untuk meningkatkan iman kita. 

Banyak cara yang bisa kita lakukan yaitu dengan mendengarkan kultum, melakukan pengajian, dan tadarus Alquran. Hal ini tentunya sangat bermanfaat, apalagi bagi teman-teman yang baru belajar mengaji. Agar lebih  bermakna alangkah lebih baiknya jika kita mengajak seluruh keluarga kita juga dan membuat ngabuburti kita lebih berfaedah. 

4.Menonton film

Menonton film menjadi hal yang paling sering dilakukan orang semejak saat pandemi ini berlangsung. Kamu setidaknya akan menghabiskan waktu satu jam lebih untuk menghabiskan 1 judul film. Selain film, kamu juga bisa menonton drama korea, serial, bahkan anime untuk mengisi ngabuburit kamu. Sekarang platform untuk menonton film dan yang lainnya sudah banyak tersedia yang dapat kamu gunakan. Biar lebih seru kamu juga bisa mengajak keluargamu untuk nonton bareng biar makin ramai.

5.Ikut kelas virtual

Ikut kelas virtual bukan berarti harus mengenai pelajaran ya! Kamu bisa mengasah dirimu dalam berbagai bidang dengan kelas virtual. Kamu dapat mengasah skill seperti bahasa asing, bisnis, sosial media, musik,  bahkan kelas virtual memasak. Selain menambah ilmu yang bermanfaat, kita juga menambah relasi pertemanan saat mengikuti kelas virtual dan menjadikan ngabuburit kita sangat bermakna dan bermanfaat.

6.Bersih-bersih rumah

Selain dengan melakukan hal yang sudah disebut sebelumnya, bersih-bersih rumah juga bisa membantu kamu untuk mengatasi rasa bosan saat ngabuburit. Bersih-bersih rumah membuat rumah jadi bersih dan nyaman dihuni. Dengan kondisi rumah yang seperti itu tentunya membuat suasana buka puasa nanti lebih tentram dan nyaman membuat semua hidangan yang ada menjadi terasa lebih enak.

7.Silahturahmi online

Sekarang hampir semua serba online mulai dari belajar, bekerja, sampai dengan belanja dilakukan secara online. Hal ini dikarenakan pandemi yang ada. Tetapi hal itu tidak menjadi peemutus tali silahturahmi kita terhadap kerabat kerabat kita. Kita masih bisa silahturahmi dengan kerabat kita menggunakan aplikasi yang menunjang seperti zoom, google meet, video call group line dan juga whatsapp. Dengan begini meskipun raga kalian terpisah, tetapi tetap bisa menjalin silahturahmi di bulan suci ini.

Topik
ngabuburit puasacara mengusir bosan di rumahPenyekatan kendaraan
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru