Kembangkan Potensi Mahasiswa Vokasi, Kemendikbud Telurkan 5 Formula

Apr 16, 2021 19:52
Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Sumber: Istimewa)
Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Sumber: Istimewa)

MALANGTIMES - Kembangkan potensi dan kompetensi mahasiswa vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) keluarkan lima formula. Ke lima program itu ditargetkan mampu meningkatkan daya saing para mahasiswa vokasi di kancah nasional maupun global.

“Tahun ini kami merancang program kemahasiswaan vokasi dengan tujuan agar kompetensi mahasiswa vokasi bisa terasah sehingga mampu bersaing secara global,” ujar Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto dalam keterangan tertulisnya, Jumat (16/04/2021)

Peningkatan kapasitas potensi mahasiswa menurutnya dapat didukung oleh sejumlah formula. Termasuk di dalamnya adalah kolaborasi dan sinergi dari berbagai pihak seperti vokasi, mahasiswa, dan tentunya Kemendikbud yang menjadi naungan keberlangsungan pendidikan mahasiswa vokasi.

Untuk dapat bersaing secara global dan dapat menghadapi era industri 4.0, Wikan mengemas program-program ini dalam payung 'creative leaders' yang menampung lima program unggulan.

Program-program unggulan ini antara lain program sertifikasi kompetensi dan profesi, profesi mahasiswa vokasi, fasilitasi magang mahasiswa vokasi, program kewirausahaan mahasiswa vokasi, program kreatifitas mahasiswa (PKM) vokasi, dan program pemberdayaan masyarakat desa.

Dengan adanya program-program tersebut, diharapkan kompetensi mahasiswa vokasi dapat lebih terasah dan menghasilkan mahasiswa yang lebih kreatif dan kompeten agar tercapainya tujuan bersama, tutup Wikan.

Topik
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesiaformula optimalisasi vokasiprogram kreatifitas mahasiswakisah ngabuburit

Berita Lainnya

Berita

Terbaru