Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Bikin Geleng Kepala, Satgas DPUPRPKP Temukan Bambu 5 Meter saat Normalisasi Saluran

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Yunan Helmy

16 - Apr - 2021, 19:47

Nampak para personil Satgas DPUPRPKP setengah mengangkat bambu sepanjang kurang lebih 5 meter dari saluran air (Ist)
Nampak para personil Satgas DPUPRPKP setengah mengangkat bambu sepanjang kurang lebih 5 meter dari saluran air (Ist)

MALANGTIMES - Para personil Satuan Tugas (Satgas) Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, geleng kepala. Sebab, saat melakukan pemantauan dan normalisasi saluran, masih saja menemukan banyak sampah-sampah yang dibuang oknum tak bertanggung jawab di saluran air. 

Seperti halnya hari ini, Jumat (16/4/2021) saat para personie Satgas DPUPRPKP Kota Malang melakukan pemantauan dan normalisasi di kawasan Jalan Sigura-Gura, Kelurahan Sumbersari, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Saat itu, petugas menemukan sebuah bambu sepanjang 5 meter di dalam saluran air.

Kabid Bina Marga, DPUPRPKP Kota Malang, Eko Setyo Mahanani menjelaskan, awalnya petugas mendapatkan laporan dari masyarakat adanya saluran yang airnya meluber hingga ke bahu jalan. 

Para personil Satgas Saat tengah melakukan pembersihan sampah pada saluran air (Ist)

Laporan tersebut langsung ditindaklanjuti oleh personel Satgas dengan menuju lokasi. Saat tiba dilokasi, petugas mendapati air nampak meluber hingga membasahi jalan. Dari situ petugas langsung masuk ke saluran dan kemudian mencari penyebab melubernya air pada saluran tersebut. 

"Setelah ditelusuri oleh petugas, ditemukan sampah-sampah yang menyumbat pada saluran," terangnya.

Dan yang membuat geleng kepala, bukan hanya sampah saja, namun dalam saluran juga ditemukan bambu sepanjang kurang lebih lima meter berada dalam saluran. Adanya bambu tersebut tak pelak membuat sampah-sampah yang dibuang dalam saluran kemudian tersangkut pada bambu tersebut hingga akhirnya menyumbat saluran.

"Oleh tim satgas kemudian bambu tersebut diambil, diangkat, sampah-sampah juga dibersihkan dan hasilnya saluran kembali lancar," terangnya.

Nampak para personil Satgas DPUPRPKP setengah mengangkat bambu sepanjang kurang lebih 5 meter dari saluran air (Ist)

Untuk itu, pihaknya kembali mengimbau agar masyarakat meningkatkan kesadarannya untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Tentunya hal tersebut dilakukan dengan tidak membuang sampah pada saluran air serta tidak dengan sengaja mempersempit saluran air. 

"Saluran itu dipergunakan untuk mengalirkan air, sehingga dapat menghindarkan dari banjir dan kerusakan struktur yang lain. Semoga masyarakat dapat menjaga keberlangsungan saluran dan menghindarkan dari penggunaan saluran diluar fungsinya," pungkasnya.


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Yunan Helmy