Pembelajaran Tatap Muka Dimulai Senin, Sutiaji Sebut Minim Interaksi Picu Stres

Apr 15, 2021 20:09
Wali Kota Malang Sutiaji. (Foto: Istimewa)
Wali Kota Malang Sutiaji. (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES -  Pemkot Malang  telah memberikan izin kepada sekolah untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara luring atau offline mulai Senin (19/04/2021) dengan beberapa syarat.

Wali Kota Malang, Sutiaji menegaskan bahwa pelaksanaan belajar mengajar tatap muka ini merupakan respons lanjutan dari keputusan bersama empat menteri. Pemerintah Kota Malang menilai  pembelajaran  online yang terlalu lama berpotensi buruk pada anak. Pembelajaran secara daring dinilai menurunkan capaian akademik siswa.

“Selain itu, pembelajaran online meminimalisasi interaksi siswa-siswa dengan guru, teman-teman, dan lingkungan. Hal ini juga dapat meningkatkan stres dari siswa dan banyak anak terjebak dalam kekerasan dalam rumah tangga.” ujar Sutiaji.

Dengan adanya KBM (kegiatan belajar mengajar) tatap muka, siswa dapat meningkatkan skill sosial yang selama pembelajaran daring menurun karena minimnya interaksi sosial dengan orang lain.

Meski begitu, KBM offline di sekolah dibatasi berkapasitas 50 persen dan terbagi dalam beberapa shift. Pengajar dan pelajar diwajibkan memakai masker serta pihak sekolah wajib menyediakan hand sanitizer di setiap kelas dan alat pengukur suhu badan di gerbang sekolah. 

Kegiatan ekstrakurikuler dan pelajaran olahraga j masih ditiadakan mengingat bahwa kontak fisik seperti bersalaman dan cium tangan tidak diperbolehkan. Kantin sekolah juga belum bisa beroperasi.

Sekolah juga wajib melakukan sosialisasi mengenai etika batuk dan bersin yang benar sesuai dengan protokol kesehatan covid-19 guna meminimalisasi kekhawatiran orang-orang yang berada di lingkungan sekolah.

Sutiaji juga menekankan jika ada siswa atau pengajar yang sedang tidak enak badan dan dikonfirmasi terpapar covid, maka program pembelajaran tatap muka dapat dihentikan dalam jangka waktu yang ditentukan.

Topik
Sekolah Tatap MukaPemkot MalangWali Kota Malang Sutiaji
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru