Tips Semangat Belajar Saat Bulan Ramadan, Cek di Sini

Apr 15, 2021 17:01
Ilustrasi Seseorang Sedang Belajar (Sumber : Pixabay)
Ilustrasi Seseorang Sedang Belajar (Sumber : Pixabay)

INDONESIATIMES - Bulan suci ramadan sangat dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia. Biasanya di bulan yang penuh berkah ini semua orang berbondong-bondong untuk melakukan kegiatan yang positif seperti mengaji, salat tarawih, berbagi dengan sesama dan masih banyak lagi.

Namun tak jarang dari kita yang mengalami penurunan semangat dalam menjalani kegiatan, contohnya adalah bermalas-malasan dalam belajar. Berikut merupakan beberapa tips agar semangat belajar pada bulan ramadhan :

1. Konsumsi Makanan yang Bergizi

Pada bulan Ramadan seperti ini kita perlu memperhatikan makanan yang kita konsumsi agar gizi pada tubuh kita dapat terpenuhi dengan baik. Selain itu jika kita memakan makanan yang bergizi dapat membuat perut menjadi kenyang lebih lama. Hal ini sangat baik untuk stamina kita agar kualitas belajar menjadi tidak terganggu. Kurangnya stamina yang dapat membuat kita menjadi malas.

2. Penuhi Kebutuhan Air Pada Tubuh

Dalam menjalani ibadah puasa seperti saat ini sebaiknya kita memenuhi kebutuhan air pada tubuh kita agar terhindar dari dehidrasi. Bila kita mengalami dehidrasi dapat membuat konsentrasi kita terganggu. Hal tersebut dapat membuat kualitas belajar kita menjadi menurun.

3. Hindari Begadang Pada Malam Hari

Generasi muda saat ini sangat suka begadang pada malam hari, entah untuk mengerjakan tugas atau melakukan aktivitas lain seperti bermain game dan menonton film. Namun hal tersebut sangatlah tidak baik untuk tubuh kita, selain itu hal tersebut juga tidak baik untuk tubuh kita di keesokan harinya, yang mana akan membuat kita menjadi bermalas-malasan dan dapat mengganggu kita dalam belajar.

4. Hindari Tidur Setelah Sahur

Kebiasaan sebagian masyarakat di Indonesia pada saat bulan Ramadhan saat ini salah satunya adalah tidur setelah sahur. Hal tersebut sangatlah tidak baik untuk produktivitas kita selama bulan puasa, maka dari itu sangatlah baik untuk mengubah pola hidup kita untuk tidur setelah sahur agar kita bisa lebih semangat dan produktif selama bulan puasa.

5. Atur Jadwal Kegiatan dengan Baik

Dengan adanya jadwal kegiatan yang baik, kita dapat memilah mana aktivitas yang dapat dilakukan di siang hari dan tidak menguras banyak tenaga, serta mana yang dapat kita lakukan di malam hari.

Hal tersebut sangat membantu kita untuk menjaga stamina di siang hari agar kita tidak mudah lelah dan malas, serta menghindarkan kita untuk tidak membatalkan puasa. Jangan sampai batal puasa ya!

7. Lakukan Aktivitas dengan Happy

Jangan jadikan puasa yang sedang kita jalani menjadi beban bagi diri kita, hal tersebut akan membuat kita menjadi tidak nyaman saat melakukan berbagai aktivitas. Maka dari itu buat aktivitas kita menjadi menyenangkan dan nyaman dengan menjalaninya secara ikhlas dan senang.

 

 

Topik
malas belajartips rajin belajar di bulan puasakorupsi apbdesa
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru