Tak Hanya Akademik, Ini yang Perlu Dikuasai Mahasiswa Agar Mudah Mencari Pekerjaan

Apr 14, 2021 11:10
ilustrasi (gambar:source pixabay)
ilustrasi (gambar:source pixabay)

INDONESIATIMES - Sudah menjadi rahasia publik bahwa setelah lulus nanti mahasiswa harus siap menghadapi dunia kerja apapun situasinya. Tentu sebagai seorang mahasiswa banyak sekali yang harus dipersiapkan menjelang kelulusan. Tidak hanya secara akademik, tetapi skill-skill di luar akademik juga dapat membantu di dunia kerja nantinya.

Di dalam dunia kerja sendiri, seberapa besar IPK yang didapatkan tidak menjamin kesuksesan anda di dunia kerja. Banyak hal yang kadang tidak kita dapatkan saat di kamus. Oleh karena itu kita tidak harus hanya memperhatikan nilai akademik saja, tetapi juga skill-skill yang lain yang tidak diajarkan di bangku kuliah. Mengapa? Karena di dunia kerja akan lebih banyak prakteknya, bukan teori seperti pada saat kuliah.

Bagi mahasiswa yang baru menyelesaikan studinya, hal ini menjadi tantangan tersendiri. Jika tidak mengasah soft skill tandanya mereka semakin tertinggal karena dari segi pengalaman, dibanding dengan karyawan yang sudah lama bekerja di sana tentu sangatlah besar.

Tetapi tenang, ini 6 skill yang harus dimiliki setiap mahasiswa.

1. Problem solver

Di dalam dunia kerja tentu pasti banyak masalah yang menerjang dan semakin lama masalah yang ada dapat menjadi lebih kompleks dan rumit. Oleh karena itu saat mahasiswa fresh graduate mendapatkan pekerjaan, mereka dituntut untuk menjadi problem solver yang baik. Mengapa? karena seseorang yang dapat memecahkan masalah biasa melihat suatu masalah dari sudut pandang yang berbeda sehingga bisa mengembangkan solusi untuk menjadi alternatif yang dapat membantu perusahaan.

2. Berpikir kritis

Berpikir kritis juga merupakan soft skill yang sangat dibutuhkan bayak perusahaan sekarang ini. Berpikir kritis merupakan kegiatan utuk memahami serta menganalisis data dan informasi secara logis. Dengan berpikir kritis kita juga bisa menjadi lebih jeli dan peka terhadap suatu masalah dan dapat berpikir secara rasional dan mengatakan pendapat yang logis serta valid kepada lawan bicara kita. Tentu softskill ini dibutuhkan juga untuk menangani masalah perusahaan.

3. Komunikasi 

Di era industri 4.0 menuntut banyak orang untuk dapat berkomunikasi dengan sesama dan berkolaborasi menciptakan hal yang baru. Oleh karena itu, tidak sedikit perusahaan yang mencari orang yang memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik karena jika suatu perusahaan kurang komunikasi, pasti mereka mengalami kerugian. Komunikasi yang baik dalam perusahaan membuat lingkungan kerja lebih sehat. Orang yang dapat berkomunikasi dengan baik dengan timnya tentu akan dapat melahirkan ide-ide yang inovatif dan menciptakan hubungan kerja yang erat dengan sesama rekan kerja.

4. Kreatif dan inovatif

Ide merupakan hal yang sangat mahal sekarang. Dengan perkembangan dunia bisnis sekarang, ide-ide inovatif serta kreatif sangat diperlukan. Mengapa demikian? Demi bertahan dalam persaingan bisnis yang semakin tajam tetu perusahaan perlu untuk mengembangkan ide-ide yang kreatif. Kreatifitas juga dapat diasalh dengan semakin sering kita berpikir kritis untuk suatu masalah

5. Manajemen waktu

Terdengar sederhana tetapi sangat krusial jika dibiarkan saja. Manajemen waktu menjadi poin penting dalam dunia kerja. DIdalam dunia kerja tentu banyak pekerjaan yang memiliki tenggat waktu yang berbeda. Perusahaan tentu lebih memili orang yang disiplin dengan waktu dibanding orang yang teledor. Pekerjaan yang ada didunia kerja tidak hanya menyangkut nama baik perusahaan tetapi juga kolega dari perusahaan. Karena itu penting bagi fresh graduate untuk mulai belajar menentukan skala prioritas sejak dini.

6. leadership/kepemimpinan

Tidak semua orang berbakat untuk jadi seorang pemimpin. Oleh karena itu seseorang dengan jiwa kepemimpinan memiliki nilai plus di mata perusahaan. Tetapi jiwa kepemimpinan juga bisa diasah, dan baik untuk mahasiswa untuk melatih jiwa kepemimpinan sejak dini karena memimpin adalah skill yang bisa didapatkan melalui pengalaman.

 

Topik
skill mencari kerjamencari kerjacara menjaga stamina tubuhdunia kerja

Berita Lainnya

Berita

Terbaru