Resmikan Program Guru Penggerak Angkatan Dua, Direktur PPP GTK: Jumlah Guru Meningkat

Apr 13, 2021 20:28
Praptono, Direktur PPP GTK dalam peluncuran Program Guru Penggerak (Sumber: Youtube Channel Kemdikbud RI)
Praptono, Direktur PPP GTK dalam peluncuran Program Guru Penggerak (Sumber: Youtube Channel Kemdikbud RI)

MALANGTIMES - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan webinar peluncuran Program Guru Penggerak angkatan kedua yang disiarkan secara langsung lewat akun YouTube resmi Kemendikbud RI, Selasa (12/4/2021).

Angkatan pertama Guru Penggerak, terdapat 2.460 calon guru penggerak dan 507 pengajar praktik yang telah menempuh pembelajaran terkait program ini. Dan jumlah calon guru penggerak dalam periode ini dipastikan mengalami peningkatan.

Praptono selaku Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (PPP GTK) menjelaskan, peserta Program Guru Penggerak kali ini terdiri dari 232 peserta, pengajar praktik sejumlah 576 peserta, dan calon guru penggerak sebanyak 2.800 peserta yang dinyatakan lulus dari total 17.901 peserta.

Rangkaian program ini dimulai hari ini dan akan selesai pada Desember 2021 untuk menyelesaikan 4 modul yang telah direncanakan oleh pemerintah.

“Program ini merupakan episode kelima dari program merdeka belajar. Tujuan program ini adalah untuk memunculkan rasa aman, nyaman, dan bahagia bagi peserta didik yang ditunjukkan dengan sikap dan emosi positif serta terbebas dari rasa cemas dan berbagai keluhan,” papar Praptopo.

Selain itu program ini juga bertujuan untuk membangun ekosistem pendidikan dengan mengokohkan ekosistem pendidikan Indonesia dan salah satu pilar yang dibutuhkan adalah kepemimpinan guru. Lalu membuka peluang lebih besar untuk guru SLB dan SMK yang sebelumnya hanya melingkupi guru di jenjang TK, SD, SMP, dan SMA saja.

 

Topik
Guru Penggerakdirektur ppp gtkKemendikbudtips tubuh bugarBerita Pendidikan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru