Ingin Turunkan Berat Badan Dalam Seminggu? Yuk Simak Tips Berikut ini!

Apr 13, 2021 14:58
Tips menurunkan berat badan secara mudah dan murah (Foto: Istimewa)
Tips menurunkan berat badan secara mudah dan murah (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Banyak orang yang merasa kurang percaya diri dengan berat badannya yang semakin naik. Hal tersebut juga dapat mengakibatkan kurangnya konsentrasi berpikir dalam setiap aktivitas yang dilakukannya.

Hal ini mungkin dianggap sepele oleh sejumlah orang yang justru kerap sekali tidak mengendalikan diri dari pola makan yang berlebihan, atau aktivitas yang menyebabkan berat badan naik.

Namun, bagi sebagain orang akan merasa jika kelebihan berat badan akan sangat menganggu penampilan serta aktivitas sehari-hari. Bahkan, hal itu dapat memicu sebagian besar orang justru akan mengurangi nilai ketertarikan untuk lawan jenis dan sulit memilih pakaian. 

Bukan hanya itu, orang dengan berat badan berlebihan juga rentan mengalami penyakit berbahaya. Maka dari itu, perlu diatasi dengan cara-cara yang mudah dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Anda bahkan bisa kurus dalam waktu satu minggu saja dengan cara yang mudah dan murah dibawah ini tanpa mengkonsumsi obat pelangsingsing maupun obat-obat lainnya.

Berikut Tips Menurunkan Berat Badan yang perlu dicoba dilansir dari berbagai media.

1. Hindari Minuman Yang Manis

Sebagian besar orang mungkin menyukai minuman manis seperti es coklat, boba drink, teh manis, minuman botol kemasan, dan jenis minuman lainnya. Walaupun rasanya enak, minuman manis tentu mengandung banyak gula dan tinggi kalori.

Tanpa disadari, kandungan kalori dalam minuman manis yang Anda konsumsi sehari-hari adalah penyebab penumpukan gula, lemak, dan menambah berat badan. Jadi, sebaiknya batasi minuman manis, atau bila bisa jangan minum minuman manis sama sekali.

Berdasarkan penelitian, asupan gula harian yang paling ideal hanya 50 gram atau sekitar 4 sendok makan per hari. Jadi, jangan konsumsi minuman atau makanan manis lebih dari itu. Ganti minuman manis dengan air putih atau air lemon yang ampuh untuk mengeluarkan lemak dan rendah kalori.

2. Tidur Cukup

Anda juga harus istirahat yang cukup. Berdasarkan penelitian, orang yang tidur larut malam akan lebih sering lapar lalu makan camilan tidak sehat di malam hari. Rasa lapar di malam hari sering terjadi dan Anda tidak dapat mengontrolnya. Akibatnya, berat badan akan meningkat karena tubuh tetap menimbun lemak pada jam istirahat.

Jadi, cara menurunkan berat badan adalah dengan tidur yang cukup sekitar 8 jam per hari bagi orang dewasa. Saat Anda tidur, tubuh akan membakar lemak dengan efektif. Anda juga akan menjadi lebih bugar dan sehat. Jadi, jangan begadang lagi, ya.

3. Stop Makan di Malam Hari

Tetapkan waktu berhenti makan agar Anda tidak tergoda ngemil larut malam atau ngemil sembarangan sambil menonton televisi.

"Minumlah secangkir teh atau nikmati semangkuk kecil es krim ringan atau yogurt beku jika menginginkan sesuatu yang manis setelah makan malam. Tetapi setelah itu langsung sikat gigi agar mencegah Anda tidak makan atau minum apa pun lagi," saran Elaine Magee, penulis Comfort Food Makeovers.

4. Lakukan 10 ribu Langkah Sehari

Cara ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang memiliki aktivitas sibuk dan tak sempat berolahraga. Dengan memperbanyak langkah Anda setiap hari, setidaknya 10 ribu langkah kaki per hari.

Sepanjang hari, coba lakukan apa pun yang Anda bisa untuk menjadi lebih aktif, seperti berjalan sambil berbicara di telepon hingga mengajak hewan peliharaan berjalan-jalan lebih lama.

5. Minum Air Putih Yang Cukup

Cara menurunkan berat badan secara alami dan sehat selanjutnya adalah Anda harus banyak minum air putih untuk diet. Anda disarankan untuk minum air putih 2 liter sehari atau disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Minum air putih yang cukup dapat membantu membakar lebih banyak kalori.

Selain itu, minum air putih sebelum makan dapat mengurangi nafsu makan sehingga sangat cocok untuk menurunkan berat badan. Dengan begitu, Anda jadi makan lebih sedikit dan cepat kenyang

6. Pola Diet Yang Seimbang

Pola makan dan pola hidup seimbang penting untuk menurunkan berat badan. Saat Anda memutuskan untuk diet, bukan berarti Anda harus tidak makan. Anda bisa tetap makan, namun porsi dan nilai asupannya harus disesuaikan dengan kebutuhan. Anda juga harus makan sehat dan diimbangi dengan olahraga teratur.

Kamu dapat mempraktikkan cara mudah menurunkan berat badan di atas sebagai bagian dari pola hidup sehat. Jangan tergoda oleh berbagai obat pelangsing menurunkan berat badan dengan cepat, karena berisiko mengganggu kesehatan dan membuat berat badan mudah untuk naik kembali.

Topik
menurunkan berat badantips menurunkan berat badanpola hidup seimbangsidak harga

Berita Lainnya

Berita

Terbaru