Implementasi Nyata MBKM, Mahasiswa Prodi TI Unikama ini Belajar Google Digital Garage

Apr 13, 2021 14:44
Dicky Indra Wisnu Saputra, mahasiswa Unikama angkatan 2018 ini mengikuti pembelajaran pada program pembelajaran yang digelar oleh Google (Ist)
Dicky Indra Wisnu Saputra, mahasiswa Unikama angkatan 2018 ini mengikuti pembelajaran pada program pembelajaran yang digelar oleh Google (Ist)

MALANGTIMES - Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama), menerapkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Hal itu nampak pada salah satu Program Studi (Prodi) Teknik Informatika (TI) yang memberikan mahasiswanya keleluasaan belajar di luar kampus.

Seperti halnya, salah satu mahasiswa Prodi TI, yakni Dicky Indra Wisnu Saputra. Mahasiswa angkatan 2018 ini, mengikuti pembelajaran pada program pembelajaran yang digelar oleh Google, yakni Google Digital Garage dengan materi terkait digital marketing.

“Google Digital Garage merupakan sebuah program yang di hadirkan Google untuk mempelajari digital skill. Ada tiga kelompok bidang yang ditawarkan dalam Digital Garage, yaitu data dan teknologi, digital marketing, dan pengembangan karir. Kelas ini dilakukan secara online semacam webinar. Untuk mengikuti kelas ini ada tesnya,” jelas Dicky.

Untuk bisa bergabung dalam kelas tersebut, peserta harus melewati tahapan-tahapan tes. Materi singkat akan diberikan berbentuk video modul dengan bahasa Inggris durasi 5 sampai 10 menit. Setelah itu, soal juga berbahasa Inggris, diberikan secara langsung namun tetap berkaitan dengan modul dan berulang hingga 26 modul.

Namun dalam program tersebut, ia mengambil Program Fundamentals of Digital Marketing. Program ini adalah gabungan dari beberapa kelas ciptaan Google yang diharapkan mampu memberikan pemahaman dasar bagi pesertanya tentang digital marketing.

Dalam program ini juga diajarkan bagaimana mentransformasikan sistem bisnis offline menjadi online dengan pengotimalan yang memanfaatkan mesin pencari serta penggunaan keyword yang tepat diawal bisnis. Termasuk juga dalam menggali strategi yang pas untuk mengingkatkan penjualan secara online

Selain itu, skill lainnya yang juga menjadi pembelajaran adalah terkait Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), sosial media, e-mail marketing, dan content marketing. Skill tersebut, tentunya juga akan ditularkan Dicky kepada pelaku bisnis sekitar maupun teman-temannya agar bisa melebarkan sayap bisnisnya ke dunia digital dan bisa menjangkau konsumen seluruh dunia.

"Saya ikut ini ingin menambah pengalaman dan pengetahuan saya tentang dunia digital, terutama digital marketing.  

Ini juga mengisi waktu kosong untuk belajar diluar kampus. Saya mengikuti program ini juga sudah ijin kepada Kaprodi untuk menerapkan program pemerintah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” ujarnya.

Moh Ahsan SKom MT selaku Ketua Program Studi (Kaprodi) menjelaskan, hal ini merupakan wujud implementasi MBKM dilingkungan Unikama. Kegiatan diluar kampus, seperti halnya saat ini, sudah mulai diterapkan sejak semester ganjil 2020. 

“Implementasi program MBKM, salah satunya ialah Kelas Google. Tetapi Prodi memberikan kebebasan bagi mahasiswa untuk ikut kegiatan diluar kampus,” tuturnya.

Mahasiswa yang ikut kegiatan diluar kampus dan mempunyai capaian yang sama dengan Mata Kuliah (MK) atau kurikulum di Prodi maka, mahasiswa mengambil KRS (Kartu Rencana Studi) saja kemudian nilainya akan diambil dari kegiatan tersebut.

“Kelas Google yang telah diikuti oleh beberapa mahasiswa dan di konversi ke MK yang ada di Prodi sesuai dengan kompetensi, seperti Digital Marketing mempunyai kesamaan atau diakui ke Mata Kuliah Perdagangan Elektronik. Sehingga kendati mahasiswa belajar di luar kampus, namun hal tersebut tetap akan diakuisisi pada SKS,” pungkasnya.

Topik
google digital garageUnikamaKampus Unikamamahasiswa unikamapedagang takjil

Berita Lainnya

Berita

Terbaru