Yuk Intip Tips Turunkan Berat Badan Sembari Puasa Ramadan

Apr 13, 2021 12:34
(Foto : Internet)
(Foto : Internet)

INDONESIATIMES – Selama bulan suci Ramadan, umat muslim diwajibkan menjalankan puasa sebulan penuh. Tetapi, tahukah kalian bahwa puasa juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Berbagai penelitian ilmiah menunjukkan puasa ternyata memiliki sejumlah manfaat Kesehatan, terutama pada jantung dan pembuluh darah.

Beberapa manfaat puasa untuk jantung dan pembuluh darah yakni  menurunkan kolesterol, kadar gula darah cenderung membaik, menurunkan tekanan darah, serta  mengurangi peradangan.

Dengan manfaat yang didapatkan ketika berpuasa, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan dalam kesempatan puasa sebagai ibadah sekaligus untuk menurunkan berat badan.

1. Berbuka dengan Menu Seimbang

Ketika Ramadan, metabolisme tubuh melambat sehingga kebutuhan energi tubuh juga ikut berkurang. 

Saat menjelang buka puasa, anggaplah sebagai makan malam biasa seperti yang dilakukan setiap hari. Kemudian setelah berbuka puasa, jangan langsung menikmati makanan sekaligus. Sebagai gantinya, dapat beristirahat, salat, tunggu beberapa menit dan kemudian melanjutkan makan.

2. Hindari Gorengan

Makanan berminyak seperti gorengan ini yang menjadi salah satu faktor utama di balik semua kenaikan berat badan selama bulan Ramadan. 

Hal tersebut dikarenakan makanan yang digoreng mengandung kalori tinggi dan rendah nutrisinya. Ada banyak pilihan sehat selama Ramadan yang dapat dipilih daripada makanan gorengan yang memberikan dampak negatif bagi tubuh.

3. Jangat Lewatkan Sahur

Saat Ramadan, sahur menggantikan sarapan. Bagi yang ingin menurunkan berat badan selama berpuasa, diharapkan untuk selalu tidak melewatkan waktu sahur ini. Itu karena melewatkan waktu sahur cenderung akan bereskiko lapar sepanjang hari. Sehigga hal tersebut mengakibatkan makan berlebihan saat berbuka puasa.

4. Kurangi Gula

Selama Ramadan, alasan lain yang menjadi faktor kenaikan berat badan ialah camilan yang dikonsumsi sepanjang bulan. Dari minuman hingga makanan, banyak yang mengandung gula.

Bagi yang memanfaatkan puasa selain untuk beribadah, yakni menurunkan berat badan beberapa kilogram, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan gula alami seperti buah-buahan, buah-buahan kering, dan madu.

Semangkuk salad buah yang baik tidak hanya membuat kenyang, tetapi juga akan menjadi makanan lezat yang bermanfaat bagi tubuh dan tentunya tidak menyebabkan penambahan berat badan. 

Topik
Manfaat puasasuasana alam
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru