Berikut Tips Sahur agar Tidak Cepat Lapar saat Berpuasa

Apr 13, 2021 09:24
Ilustrasi sahur. (Foto: SAYS)
Ilustrasi sahur. (Foto: SAYS)

INDONESIATIMES - Saat menjalankan ibadah puasa, kita dianjurkan untuk sahur terlebih dahulu. Sahur sendiri ialah sebuah istilah dalam Islam yang merujuk aktivitas makan oleh umat Islam yang dilakukan pada dini hari bagi yang akan menjalankan ibadah puasa.  

Saat menyiapkan makanan sahur, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Hal ini agar selama berpuasa, kita tidak merasa lapar dan haus.  

Dilansir melalui Arab News, berikut 5 tips sahur agar kalian tak merasa lapar dan haus saat puasa:

1.  Cukupi Asupan Protein

Asupan protein juga harus tercukupi agar tubuh tetap sehat saat berpuasa. Selain itu, menyantap makanan dengan kandungan protein tinggi bisa membuat rasa kenyang tahan lebih lama karena proses mencernanya yang lambat.

Makanan tinggi protein mempunyai jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan lemak. Adapun makanan tinggi protein yang baik dikonsumsi saat sahur seperti telur, ikan, ayam, tempe, dan tahu.

2. Siapkan Makanan sebelum Tidur

Sebaiknya jangan bangun lebih awal agar bisa memasak untuk sahur. Lebih baik kalian menyiapkan menu makanan sahur sebelum tidur.

Hal itu dilakukan agar tubuh tidak terasa lelah dan menyebabkan rasa lapar saat menjalani puasa.

Kalian bisa membuat menu sahur sederhana. Misalnya olahan telur atau sayur bening yang praktis dibuat.  

Olahan telur mengandung protein yang tinggi. Sedangkan sayur bening mengandung serat yang baik untuk tubuh.

3. Minum Air Putih Cukup

Asupan air saat berpuasa sangat penting untuk tubuh. Sebab, selama puasa, kita akan terus beraktivitas tanpa minum air putih. Oleh sebab itu, minum air putih yang cukup sangat dianjurkan.

Selain air putih, agar tubuh tetap terhidrasi, bisa juga mengonsumsi beberapa buah yang kaya air. Antara lain semangka, jeruk, stroberi, hingga melon.  

4. Hindari Junk Food

Junk food atau makanan siap saji memang pilihan praktis dan enak  disantap. Apalagi untuk mereka yang malas masak atau tinggal di kos-an.

Namun, saat sahur, sebaiknya kalian harus menghindari junk food. Itu karena makanan siap saji biasanya banyak mengandung garam sehingga bisa menyebabkan ketidakseimbangan asupan natrium dalam tubuh. Kandungan lemak pada makanan siap saji juga bisa membuat rasa lapar datang lebih cepat.

5. Istirahan Cukup

Setelah sahur dan ibadah, kamu harus langsung tidur selama beberapa jam. Pasalnya, istirahat yang cukup bisa membantu mengurangi pembakaran kalori.

Istirahat yang cukup juga penting agar kamu tetap merasa segar selama berpuasa. Sehingga, kalian  bisa melewati hari tanpa rasa lapar.

Topik
Capres pilihanSahur yang baik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru