5 Menfaat Istirahat dan Ciri-ciri Anda Butuh Istirahat yang Cukup

Apr 12, 2021 19:58
Istirahat yang cukup dapat berguna bagi kesehatan.
Istirahat yang cukup dapat berguna bagi kesehatan.

Kurang istirahat dapat membuat Anda bangun dalam keadaan yang letih, produktivitas menurun, dan kurang segar. Setiap orang banyak yang belum sadar akan betapa pentingnya beristirahat yang cukup ketika sudah banyak aktivitas yang dilakukan.

Jangan sepelekan istirahat karena kegiatan yang terlihat seperti malas bergerak alias mager ini ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan. 

Bahkan, Anda harus menganggap istirahat sebagai kebutuhan tubuh yang wajib Anda penuhi, sama seperti olahraga atau mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi. 

Manfaat istirahat yang cukup tidak hanya untuk kebugaran fisik, tetapi juga memengaruhi mental, emosional, dan spiritual Anda. 

Banyak aktivitas dapat Anda pilih untuk menghabiskan libur akhir pekan, misalnya jalan-jalan ke luar kota atau sekedar ke taman dekat rumah. Tetapi jika Anda menunjukkan gejala berikut, sebaiknya lupakan kegiatan di luar rumah dan pilihlah untuk istirahat saja di rumah.

Berikut Ciri-ciri Anda Butuh Istrahat.

1. Nyeri Otot
Rasa nyeri pada otot atau sendi yang juga tidak kunjung hilang mungkin menandakan adanya cedera. Sebagai langkah pertama, tidak ada salahnya jika Anda menghabiskan waktu libur dengan istirahat.

2. Kaku Otot
Pegal setelah beraktivitas sebetulnya adalah hal normal, tapi kaku otot yang tidak kunjung hilang menandakan tubuh Anda butuh istirahat atau rebahan. Jangan tunggu sampai Anda merasakan kelelalahan yang ekstrem karena itu justru akan membawa masalah kesehatan yang lebih parah.

3. Tidur Terganggu
Ketika level hormon kortisol dan adrenalin di dalam tubuh tinggi akibat terlaku banyak aktivitas, Anda akan kesulitan tidur.

4. Moody
Jika Anda mengalami perubahan suasana hati yang sangat fluktuatif (moody), sudah saatnya Anda beristirahat. Pasalnya, kelelahan juga dapat mengakibatkan Anda mengalami gangguan emosi seperti mudah marah.

5. Performa Kerja Menurun
Jika bos Anda mulai mengeluh performa Anda tidak sebagus dahulu, sudah saatnya Anda mengambil cuti dan lebih banyak istirahat di rumah.

Berikut Beberapa Manfaat Istirahat Bagi Kesehatan:

1. Meningkatkan Performa Fisik
Berolahraga secara keras saja tidak cukup untuk menunjang performa Anda di lapangan, memiliki waktu istirahat yang cukup juga sama pentingnya. Sebuah studi menyebutkan bahwa istirahat setelah berolahraga dapat memperbaiki intensitas performa, meningkatkan level energi, koordinasi, kecepatan, dan kekuatan mental Anda.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
Salah satu faktor risiko terjadinya penyakit jantung adalah tekanan darah tinggi. Berdasarkan catatan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), istirahat dapat membuat tubuh otomatis memperbaiki tekanan darahnya. Istirahat yang cukup juga dapat mencegah Anda terkena penyakit yang berhubungan dengan pola tidur seperti apnea.

3. Mempertajam Memori
Manfaat beristirahat untuk kesehatan yang pertama adalah dapat mempertajam memori. Kurang istirahat dan tidur diduga bisa memicu cepat pikun. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa ketika tidur, otak memproses, memperkuat, dan menggabungkan ingatan dari sepanjang hari. Jika kurang tidur, ingatan-ingatan tersebut tidak bisa disimpan dengan benar dalam otak dan bisa hilang.

Tidur selama tujuh sampai delapan jam dapat membuat kamu mengalami semua tahap tidur. Dua fase tidur, yaitu fase REM dan slow wave sleep dapat melancarkan proses mengingat dan berpikir kreatif.

4. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Manfaat beristirahat untuk kesehatan berikutnya adalah dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Saat tidur, sistem kekebalan tubuh akan mengeluarkan senyawa yang disebut sitokin. Senyawa ini memiliki efek perlindungan pada sistem kekebalan tubuh dengan membantu melawan peradangan dan infeksi. 

Tanpa tidur cukup, kamu tidak memiliki cukup sitokin untuk menghalangi tubuh dari sakit. Menurut penelitian terhadap 150 orang, tidur tujuh jam atau kurang dari tujuh jam dalam sehari diduga membuat tubuh lebih rentan terserang sakit.

5. Mencegah Depresi
Sudah banyak studi yang menyimpulkan bahwa memiliki waktu istirahat yang cukup dapat menghindarkan Anda dari penyakit mental seperti depresi.

Salah satu tanda depresi sendiri ialah insomnia alias kelainan tidur yang akut. Depresi juga dapat menimbulkan penyimpangan perilaku seperti kecenderungan untuk ingin bunuh diri.

Namun, meski memiliki manfaat, istirahat tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Sebuah studi menyebutkan orang yang terlalu sering istirahat dapat meningkatkan penumpukan kalsium di arteri jantung serta mengurangi fleksibilitas pembuluh darah kaki. Para ahli menyarankan istirahat dilakukan tidak lebih dari total 9 jam per hari.

Topik
digitalisasi pasartetap normal
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru